Ini Penampakan Ducati Panigale V4R, Mirip Motor MotoGP

itoday -  Setelah berbagai prediksi dan spyshot, akhirnya Ducati merilis superbike terbaru mereka, yaitu Ducati Panigale V4R, pada Minggu (4/11) kemarin. Motor sport full-fairing ini merupakan varian tertinggi dari keluarga Panigale.

Secara fisik, Ducati Panigale sekilas terlihat seperti motor yang berlaga di ajang balap bergengsi seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK). Hal itu tidak terlepas dari penggunaan winglet pada fairing Ducati Panigale V4R.

Mengutip dari Motorcycle.com, disematkannya komponen tersebut merupakan efek dari regulasi WSBK yang memperbolehkan pabrikan untuk menggunakan winglet atau pun aero-fairing asalkan menjual produk massal dengan komponen serupa.

Sebenarnya, pabrikan asal Bologna, Italia ini juga menawarkan berbagai komponen tambahan yang diberi nama Ducati Corse Aero Pack. Pada paket tersebut terdapat sepasang winglet samping, winglet depan, windscreen, dan sistem ventilasi baru pada radiatornya.

Berbagai komponen tersebut diciptakan untuk mennyepurnakan aerodinamika dengan meningkatkan gaya tekan ke bawah dan mengurangi koefisien drag pada Ducati Panigale V4R. Selain itu, penggunaan ventilasi radiator baru menjaga suhu mesin supaya tetap pada performa terbaiknya.

Usaha Ducati untuk meningkatkan performa tak hanya berhenti di situ. Panigale V4R juga menggunakan sasis khusus yang lebih ringan dibanding Panigale V4S. Selain itu, posisi swing-arm dapat disesuaikan sehingga sesuai dengan karakter dan keinginan pengendaranya.

Sektor kaki-kaki Ducati Panigale V4R juga bisa dibilang istimewa. Superbike ini dibekali suspensi depan upside-down NPX 25-30 dan belakang menggunakan monoshock TTX36 single-sided swing-arm keluaran pabrikan ternama asal Swiss, Ohlins.

Suspensi tersebut dipadukan dengan velg aluminium berwarna hitam keluaran Marchesini dan dikawal piringan serta kaliper rem cakram dari Brembo. Sementara itu bannya menggunakan Pirelli Diablo Super Corsa SP berukuran 120/70ZR17 di depan dan belakang 200/70ZR17. Keduanya tentu sudah tak menggunakan ban dalam alias tubeless.

Untuk urusan performa, Ducati Panigale V4R mengandalkan mesin Desmosedici Stradale V4 90° 998 cc bertenaga 221 hp. Dapur pacu ini telah menggunakan beberapa komponen titanium untuk meningkatkan kekuatannya, mengurangi gaya gesek, dan menjaga bobotnya tetap ringan.

Selain itu, Ducati Panigale V4R juga dilengkapi berbagai komponen elektronik untuk meningkatkan performa dan menyempurnakan pengendaliannya, seperti Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control EVO, Ducati Slide Control, Ducati Wheelie Control EVO, Ducati Power Launch, Ducati Quick Shift up/down EVO, dan Engine Brake Control EVO.

Seluruh fitur tersebut dapat dikendalikan dengan beberapa tombol pada handle-bar sebelah kiri. Sementara itu, dashboard Ducati Panigale V4R juga telah dilengkapi instrumen panel TFT full-digital.

Sayangnya Ducati belum mengumumkan harga dari Ducati Panigale V4R. Nantinya, superbike ini akan melakoni debutnya dalam gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia yang akan diselenggarakan pada 6-11 November mendatang dan ditemani beberapa motor baru lainnya.

 

Sumber: Otosia/Foto:Motorcycle.com

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 06 November 2018 - 00:29 WIB

Ini Penampakan Ducati Panigale V4R, Mirip Motor MotoGP