Kenali Gejala Keausan Damper Gir Sepeda Motor

itoday - Damper atau yang disebut dengan karet gir pada sepeda motor ternyata memiliki fungsi utama yaitu untuk meredam entakan tenaga yang muncul dari mesin dan mengalir ke ban.

Di saat karet gir sudah rusak atau sudah terjadi kelonggaran, dapat dipastikan fungsinya akan menjadi berkurang. Selain itu, did alam kondisi yang seperti ini juga bisa membuatnya kehilangan kenyamanan juga saat berkendara.

Kerusakan yang terjadi, biasanya dikarenakan karet gir keausan atau bisa jadi dikarenakan sudah termakan usia. Namun, bisa menjadi sangat cepat jika pemakaian sepeda motor selalu digunakan dengan cara yang mendadak sifatnya, atau disaat seperti ketika berhenti atau kselerasi.

Untuk itu, cara untuk mengenali bahwa karet gir atau damper sudah mulai kendur tidak perlu adanya penanganan yang khusus atau harus segera di bawa ke bengkel spesialis. Cukup dilihat sendiri dengan cara mengecek keadaan karet gir, itu sudah dapat diketahui bahwa di bagian karet gir sudah harus segera di ganti.

“Mudah saja kok cara mengetahuinya, motor tinggal distandarkan tengah. Kemudian goyangkan gir belakang. Jika ternyata girnya sudah bisa digoyangkan maka itu tandanya karet gir atau damper tersebut sudah aus dan sudah waktunya untuk diganti,” jelas Ade Rochman, selaku Asisten Manajer Technical Training PT. Daya Adicipta Mustika (DAM), Jawa Barat saat diadakannya berbincangan singkaR seperti dikutip Otomania.com.

Baginya, di bagian mangkuk gir terdapat 4 pasangan yang masuk dan juga telah dikunci oelh karet gir atau damper. Saat terjadi adanya goyangan itu menunjukkan bahwa ternyata sudah ada celah dan harus wajub untuk dilakukan pergantian pada karet gir atau damper.

Jika sudah bisa goyang dan pengemudi membiarkannya secara terus menerus maka celah ini akan bisa membuat traksi roda menjaddi berkurang. Dan bisa membuat akselerasi saat perpindahan gigi juga akan semakin terasa berat.

Demi kenyamanan dan juga keselamatan pengemudi, jika keadaan motor memang sudah tidak stabil terutama pada karet gir atau damper motor bermasalah segera ganti jika itu memang memungkinkan.

 

Sumber Foto: Roda Lawas

 

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 12 Desember 2018 - 12:18 WIB

Kenali Gejala Keausan Damper Gir Sepeda Motor