Merawat Si Lawas

itoday - Merawat mobil lawas memang perlu perhatian khusus. Tak ubahnya bila seorang pengagum atau penggemar mobil mungil seperti Morris. Bentuknya yang lucu, imut, dan antik jelas jadi alasan mengapa sampai sekarang mobil ini banyak digemari. Dan bila memang pencinta sejati, dituntut harus tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar Morris lawas tetap prima di usianya yang terbilang tak muda.

Morris adalah mobil yang berasal dari daratan Eropa tepatnya Inggris. Diproduksi Morris Motor Company sejak tahun 1984, beragam karya klasik telah meluncur dari tangan mekanik mereka.

Perawatan berkala serta pemakain onderdil yang asli memang jaminan tepat agar mobil tetap sehat. Tapi seperti komikers tahu kalau spare part orisinil mobil ini terbilang lumayan mahal. Berangkat dari fakta inilah muncul beberapa bengkel yang mencontoh parts asli sebatas aksesoris dengan harga yang masih terjangkau. walaupun untuk parts 'jeroan' atau dapur pacu masih sulit bahkan beberapa diantaranya harus didatangkan dari luar negeri.

Jika sudah begini perhatikan langkah ringan agar Morris kesayangan  tetap sehat :

1. Selalu periksa kondisi mesin keseluruhan, terutama sistem pengapian agar mobil tetap bisa di hidupkan dan melaju dengan normal.

2. Lihat dan perhatikan juga kabel-kabel penghantar listrik karena kerusakan pada bagian ini bisa berakibat mesin jadi tidak dapat dihidupkan.

3. Segera ganti ring seher yang sudah haus dengan melakukan skir klep. Tujuannya untuk menghaluskan klep yang sudah berkerak agar aliran bensin tetap lancar. Ini bertujuan khusus agar mobil dapat melaju dan tidak jalan tersendat-sendat bahkan bisa mengakibatkan mogok.

4. Jangan lupa untuk memeriksa bagian kaki-kaki mobil, yang juga berperan penting untuk kenyamanan berkendara. Mulai dari suspensi, rem, velg, bahkan ban sebagai pelapis luarnya

5. Jika menginginkan Morris komikers tetap baik dan mantap, lakukan perawatan keseluruhan secara berkala. 

 

Berbagai sumber

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 26 Desember 2018 - 13:38 WIB

Mobil Tahun Lama Jangan Pakai Oli Sintetis

Kamis, , 13 Desember 2018 - 13:04 WIB

Merawat Si Lawas

Kamis, , 01 November 2018 - 13:19 WIB

Perawatan Mesin Diesel Turbo Tak Boleh Sembarangan