Sensasi Menjajal Kegarangan RC213V-S

itoday - Motor MotoGP versi jalan raya, Honda RC213V-S, memang punya tampilan yang gagah sekaligus memikat untuk ditunggangi di jalanan. Namun, rasanya tak lengkap jika hanya memandanginya saja tanpa mencoba ketangguhannya langsung.

Pada Senin (10/12), terpilih 10 orang beruntung dari 1.089 orang peserta kompetisi foto MotoGP StreetExperience yang berkesempatan mencoba langsung motor supersport RC213V-S di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Sepuluh orang ini merasakan sensasi mesin motor yang mampu melesat cepat dengan sempurna. Tak heran, motor ini memang merupakan versi jalan raya dari Honda RC213V yang dikendarai pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP.

Sebelum mengendarai motor supersport Honda ini, 10 peserta terpilih ditatar langsung oleh para pebalap Astra Honda Racing Team sebelum turun ke sirkuit. Dalam coaching clinic, dijelaskan tentang keunggulan performa RC213V-S hingga informasi keselamatan berkendara. Peserta pun dites kemampuan berkendara di sirkuit dengan mengendarai Honda CBR650F dan CBR1000RR.

Salah satu peserta, Ezra Fiesta Kinanta, memanfaatkan kesempatan emas untuk membuktikan sendiri garangnya motor yang dipakai oleh Marc Marquez ini. Laki-laki pengoleksi Honda CBR150R dan CBR250RR ini pun memanfaatkan kesempatan emas untuk membuktikan sendiri garangnya motor yang dipakai oleh Marc Marquez ini. "Setelah mencoba sepeda motor ini, akhirnya saya paham sekali mengapa motor Honda berperforma tinggi ini bisa menjadi juara dunia di MotoGP," ujarnya.

Bagi Ezra, motor ini memang istimewa. Dengan konfigurasi mesin V-4 berkapasitas 999 cc 4 -stroke, DOHC, 4-Valve, dengan sistem pembakaran PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) serta transmisi 6-speed dengan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm.

Selain performa mesin dan gerakan V-Engine, Ezra juga merasakan sungguhan konsep Total Control yang diusung motor ini. Terutama dalam hal suspensi dan sistem perpindahan gigi yang stabil. "Suspensinya menggunakan swing arm yang besar, suspensi Ohlins, sudah menggunakan teknologi FDR, jadi benar-benar stabil saat di tikungan. Belum lagi teknologi kopling ganda yang memungkinkan pengendara memindahkan gigi tanpa harus menggunakan kopling. Jadi seperti video game. Ridernya tinggal berkonsentrasi pada balapan," ujarnya.

Di sirkuit kemarin, artis Desta pun mencoba sendiri kecepatan RCV213V-S. Berbeda dengan Ezra, Desta justru menyoroti bodi RC213V-S yang ringan. “Ya ampun, rasanya ringan banget. Performance-nya wah luar biasa banget deh. Kenceng banget, handlingnya juga enak. Gue biasa kalau naik motor sport ngegasnya nggak enak, ini handlingnya enak banget. Tenaganya juga. Ya pokoknya pengalaman yang tak terlupakan!”

Honda terus berupaya memberikan kesempatan bagi para pecinta motor sport untuk bisa mencicipi langsung kegaharan motor-motor berkecepatan tinggi besutannya. Sampai jumpa di sirkuit selanjutnya!.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 21 Desember 2018 - 03:54 WIB

Sensasi Menjajal Kegarangan RC213V-S