Dampak Air Laut 'Tsunami' Bagi Komponen Mobil

itoday - Tsunami Selat Sunda yang menelan korban ratusan orang hingga terjangannya memporak-porandakan sejumalah hotel, mobil, motor dan bangunan lainnya, Sabtu (22/12).

Untuk Sejenis kendaraan mobil, motor yang terkena dampak air laut, ada baiknya segera evakuasi kendaraan bermotor Anda dengan bantuan layanan darurat sesuai pabrikan mobil atau layanan derek terdekat. 

Sebagai solusi penanganan awal, kendaraan yang tidak cepat dibersihkan dari air garam bisa menimbulkan kerusakan pada komponennya. 

"Sifat garam itu korosif, jadi kalau kena bahan logam akan mudah teroksidasi atau berkarat, sedangkan mobil banyak terbuat dari bahan logam, seperti bodi atau spare part-nya, sehingga kalau sudah terpapar air laut ya siap-siap akan mudah teroksidasi," jelas Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan Nurrahman Adi Saputra seperti dikutip dari kumparanOTO, Senin (24/12).  

Masih dijelaskan Rahman, apabila tidak ditangani segera, bodi mobil khususnya akan terdapat bercak kuning akibat oksidasi air garam. 

"Dicuci sampai ke sela-sela spare part untuk menghilangkan kadar garamnya, kalau tidak siap-siap berkarat, dalam hitungan minggu sudah keluar bercak putih atau kuning di bodi mobil," tuturnya.

Sedangkan bagian dalam kendaraan harus di cek secara detail, untuk penanggulangan selanjutnya.

 

Silahkan Mencoba.....

 

Komentar

Artikel Terkait