Honda Dekati Toyota Untuk Buat Mobil Otonom

itoday - Honda Motor Co dan Hino Motors Ltd akan ikut bergabung dalam kerja sama Toyota Motor Corp dan Softbank Group Corp untuk mengembangkan mobil otonom.

Dalam kerja sama tersebut, Honda dan Hino mendapatkan 10 persen saham dengan menyuntikkan dana investasi sebesar USD 2,2 juta atau sekitar Rp 32 miliar dan Monet Technologies.

Toyota dan Softbank yang membentuk kerja sama tahun lalu ini akan terjun dalam ranah transportasi online yang didominasi oleh Uber, Didi Chuxing dan Lyft. Kerja sama ini merupakan langkah Toyota ketika para pembuat mobil dan perusahaan teknologi berjuang untuk mendapatkan dominasi dalam mobil-mobil self-driving untuk mengantisipasi masa depan.

Monet berencana untuk mengenalkan platform untuk pengoperasian mobil otonom di pertengahan tahun 2020 di basis Toyota e-palette. E-pallete merupakan mobil MPV kotak yang bisa digunakan untuk pengiriman belanja online, armada mobilitas logistik perkantoran, dan berbagai layanan lainnya.

Investasi yang ditanamkan oleh Hino dan Honda akan menyisakan Softbank saham kepemilikan sebesar 40,2%. Sebelum Hino dan Honda bergabung Monet masih memiliki lebih dari setengah sahamnya dengan Toyota memegang 39,8%.

Monet juga mengatakan bahwa mereka membentuk konsorsium 88 perusahaan Jepang termasuk Coca-Cola dan Yahoo dalam kolaborasi tersebut.

Melalui dana investasi yang telah mengalir, Softbank Group sudah termasuk dalam pemain besar dalam bisnis transportasi online. Saat ini Softbank memiliki 90% saham dari Uber, Didi, Grab, dan Ola. 

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait