Mengenal Blue Core, Rahasianya Motor Yamaha Bisa Lebih Irit BBM 50%

 

itoday - Motor Yamaha yang telah mengadopsi teknologi Blue Core, memiliki konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit hingga 50%. Varian matic keluaran terbaru Yamaha umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi Blue Core seperti All New Soul GT, Mio M3 125, FreeGo, dan NMAX. 

Service Education DDS III Jawa Tengah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Agus Setiawan, menjelaskan kalau Blue Core sebenarnya merupakan penyempurnaan dari mesin yang sudah ada, terutama penyempurnaan bagian sistem pembakaran sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa jauh lebih irit, di sisi lain tenaganya juga bisa lebih besar. 

"Ada beberapa yang berubah di ruang bakar yang dioptimalkan dengan cara mengganti tipe ruangnya dari pen floor yang mirip atap rumah menjadi hemispherical (combustion chamber) atau setengah lingkaran," terang Agus ditemui di BYMS 2019 Alun-alun Klaten, Senin (28/4/2019). 

"Mio yang keluaran dulu pakai pen floor, bahan bakar tidak terbakar sempurna, sehingga masih meninggalkan kerak karbon terutama di pinggir piston. Sementara dengan tipe setengah lingkaran, ketika pembakaran terjadi, proses pengapiannya merata kiri kanan atas bawah, sehingga bensin terbakar sempurna, membuatnya jadi irit dan tenaga jadi lebih besar," tambahnya. 

Perubahan lainnya, lanjut dia, yakni bahan logam pembentuk silinder beralih menjadi alumninium atau yang dikenal dengan teknologi forged piston dan diasil. Teknologi sebenarnya mengadopsi mesin yang dipakai pada motor balap Yamaha, kemudian diterapkan pada motor-motor baru Yamaha saat ini. 

"Diasil ini dibuat Yamaha sejak 1991, awalnya untuk kebutuhan tim MotoGP agar bisa mengurangi bobot mesin, dibuatlah dari alumnium karena lebih ringan seperti yang ada pada motor YZR-M1 Valentino Rossi. Dan itu sudah terbukti, makanya kita berani jaminan garansi 5 tahun atau minimal 50.000 km kondisinya masih bagus," jelas Agus.

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 21 Mei 2019 - 10:36 WIB

Rossi Sudah Menyerah Saingi Marquez di Musim Ini?