Bosch Didenda Rp 1,4 Triliun Atas Kecurangan Uji Emisi

itoday - Manufaktur pemasok komponen otomotif, Bosch telah setuju untuk membayar denda 90 juta euro (Rp 1,4 triliun) atas kecurangan dalam proses pengawasan uji emisi mobil. Pelanggaran yang dilakukan Bosch membuat merek mobil tertentu dapat lulus uji emisi.

Pengujian standar emisi diesel memunculkan kecurangan di mana pembuat mobil menggunakan perangkat lunak sebagai kontrol manajemen mesin untuk mereduksi tingkat polusi. Jaksa penuntut mengatakan hal itu dapat dilakukan menggunakan teknologi yang dimiliki oleh Bosch.

Dalam sebuah pernyataan, jaksa penuntut mengatakan Bosch memberikan sekitar 17 juta perangkat teknis yang dilengkapi dengan perangkat lunak manajemen mesin.

Bosch telah menerima putusan denda atas gugatan itu dan tidak akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Jaksa menuntut denda 2 juta euro untuk "pelanggaran peraturan" dan 88 juta euro lebih untuk denda atas "manfaat ekonomi".

"Dengan masalah pemberitahuan denda, penyelidikan yang dilakukan oleh Kantor Jaksa Penuntut Umum Stuttgart terhadap Bosch sebagai pemasok unit kontrol mesin untuk mesin diesel telah selesai," kata Bosch dalam pernyataan.

Volkswagen menggunakan elemen perangkat lunak Bosch untuk membantu mereka menutupi kadar polusi berlebih pada kendaraan bermesin diesel. Perangkat lunak manajemen mesin digunakan untuk mengukur sudut kemudi untuk mengetahui apakah mobil berada di tempat tes.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 105 kali

Kambing Naik Alphard