Alphard Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

itoday - Toyota Alphard memang dikenal sebagai mobil mewah yang biasa dimiliki artis hingga pejabat di Indonesia. Dibanderol hingga miliaran rupiah, tentu selain kenyamanan interior, konsumen juga menilai seberapa aman mobil ini?

Kabar baik menghampiri Toyota, sebab Alphard baru saja meraih 5 bintang dan mendapatkan penghargaan dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP) sebagai mobil van terbaik dalam perlindungan penumpangnya, tetapi van itu juga dinilai baik perlindungan pejalan kaki dan bahkan keselamatan preventif.

Memang, JNCAP menggunakan kembarannya yang lebih mewah, Vellfire, tetapi kedua model tersebut identik sehingga kinerja model dianggap sama oleh JNCAP.

Skor tinggi didapatkan Alphard dari perlindungan penumpang di dalamnya, MPV mewah ini berhasil meraih poin 90,82. Setelah diuji tabrak, JNCAP menilai Alphard berhasil melindungi kepala, leher, dada, dan kaki penumpang dari benturan yang keras.

JNCAP bahkan memberikan nilai bagus untuk 'penyelamatan', karena semua pintu masih dapat dengan mudah dibuka setelah tabrakan. Hal ini juga berkinerja baik dalam uji penghalang offset (yang mensimulasikan tabrakan mobil ke mobil dengan kecepatan 60 km / jam), uji benturan samping, dan uji tabrakan ujung belakang.

Tak hanya penumpang, tetapi van ini juga mencatatakan poin bagus dalam perlindungan pejalan kaki dan bahkan keselamatan yang sifatnya preventif. Untuk perlindungan pejalan kaki, ia berhasil 73,99 poin.

Angka tersebut didapatkan berkat fitur dari Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini mencakup sensor untuk pejalan kaki dan pesepeda, deteksi pre-collision system, lane tracing assist, road sign assist, dan departure alert system di depan untuk jalanan macet dan lampu merah.

Dengan TSS, sistem ini juga bekerja di malam hari dan JNCAP memuji kinerja konsistennya bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Namun untuk fitur ini diketahui belum disematkan di pasar Indonesia.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 11 Juni 2019 - 00:00 WIB

Alphard Diuji Tabrak, Ini Hasilnya