Audi Tarik 200 Ribu Mobil Akibat Kecurangan Uji Emisi

 

itoday - Lebih dari dua tahun kasus kecurangan dalam pengujian standar emisi mesin diesel oleh Volkswagen berlalu. Kini, kasus serupa menimpa salah satu anak perusaah mereka, Audi. Sebelumnya pada Januari, sudah ada usulan penarikan sebanyak 200 ribu unit Audi dari Kementrian Transportasi Jerman setelah ditemukan alat pengurangan tingkat emisi saat pengujian.

Bentuk dari alat tersebut sejatinya berupa piranti lunak yang membantu fungsi pemanasan mesin model TDI V6 turbocharged berkapasitas 3 L. Kini terdapat temuan bahwa Audi memasang tiga piranti lunak lain atau lebih banyak dari laporan yang diserahkan kepada otoritas setempat.

Piranti lunak itu memunculkan kecurigaan bahwa Audi berupaya mencurangi uji tingkat emisi resmi di awal tahun ini. Audi sendiri menolak menyebut adanya piranti tersebut bertujuan untuk mengakali tes emisi kendaraan mereka agar memunculkan angka lebih rendah. Hal tersebut terbukti dengan hanya satu piranti lunak saja yang dinilai menyalahi aturan oleh Kementrian Transportasi Jerman pada kesepakatan sebelumnya.

Laporan yang pertama kali muncul dari kanal berita Bayerischen Rundfunk dan Handelsblatt tersebut, bisa berakibat pada menurunnya kembali kepercayaan konsumen Audi. Terlebih, dengan penarikan pada Januari yang juga berdampak pada mesin kendaraan merk lain seperti Volkswagen dan Porsche.

Berbeda dengan kasus kecurangan emisi dua tahun lalu, Audi mengonfirmasi model yang terkena dugaan ini tidak beredar di Amerika Serikat. Produsen berlogo empat cincin tersebut menawarkan kepada konsumennya untuk melepas tiga piranti lunak tambahan tersebut atau mengulang sistem dari awal kepada konsumen mereka di Jerman.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait