Hadapi GP Hungaria, Vettel Waspadai Sulitnya Lintasan Sirkuit Hungaroring

itoday - Pembalap tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari Sebastian Vettel mengaku harus bisa mengendalikan mobilnya dengan baik, ketika tampil pada Grand Prix (GP) Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (4/8/2019). Pasalnya, sirkuit ini berkelok-kelok, dan minim lintasan lurus.

Dengan panjang total 4,3 km, Sirkuit Hungaroring memiliki 14 tikungan yang begitu rapat. Lintasan yang cukup sempit membuat mobil F1 akan sulit untuk bemanuver. Oleh sebab itu, Vettel merasa harus berhati-hati ketika berlomba.

“Hungaroring cukup menyiksa mobil F1 modern, karena tidak banyak lintasan lurus, dan berkarakter start-stop. Itu artinya kami harus lihai dalam mengendalikan mobil,” kata Vettel di laman resmi Ferrari.

Pembalap asal Jerman tersebut juga menilai titik untuk mendahului di Sirkuit Hungaroring tidak begitu banyak. Dia wajib memperhitungkan jalurnya dengan baik. Salah langkah sedikit saja, Vettel akan keluar lintasan dan kehilangan posisi.

“Saya akan kehilangan banyak waktu jika membuat kesalahan, dan pembalap lain bakal memanfaatkannya. Peluang untuk mendahului lawan masih ada, tetapi cukup berisiko,” ujarnya.

Selain faktor lintasan, perkara cuaca juga akan ikut berperan. Temperatur yang tinggi akan membuat performa mobil terbatasi. Terlebih debu di sekitar sirkuit berpeluang masuk ke dalam sistem pendingin mobil.

“Cuaca akan sangat panas, dan tak akan membantu performa mobil. Dalam kondisi kering, lintasannya bakal berdebu, dan angin bakal membuat aspalnya kotor. Akan sangat berbahaya, jika sampai mobil keluar lintasan,” tutur Vettel.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait