Hari Ini, Perluasan Ganjil-Genap Resmi Berlaku, Ini Rutenya

itoday - Perluasan ganjil-genap terhadap kendaraan berpelat hitam telah resmi diberlakukan pada hari ini di Ibu Kota Jakarta. Hal itu dilakukan demi mengurangi polusi yang kian parah di Jakarta. Jika sebelumnya hanya sembilan rute yang terkena ganjil-genap Jakarta, kini ada 25 rute. 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi pada 7 Agustus hingga 8 September 2019. Aturan perluasan ganjil-genap Jakarta mulai berlaku pada 9 September 2019 hari ini. 

"Iya betul (Pemprov DKI resmi memberlakukan sistem ganjil-genap)," kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo seperti dikutip Okezone, Senin (9/9/2019).

Syafrin mengimbau masyarakat yang akan beraktivitas di Jakarta untuk mulai menggunakan transportasi umum yang ramah lingkungan dan meninggalkan kendaraan pribadi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

"Mari kita wujudkan kelancaran lalu lintas dan perbaikan kualitas udara Jakarta yang lebih baik," ucapnya.

Perluasan sistem ganjil-genap sendiri akan diberlakukan di 25 ruas jalan Jakarta yang sebelumnya hanya 9 titik. Sistem ganjil-genap ini akan berlaku sejak Senin hingga Jumat pada pukul 06.00 - 10.00 WIB dan pukul 16.00 - 21.00 WIB.

Apabila ada pengendara yang nekat menerobos ruas ganjil-genap namun tak sesuai pelat nomornya, maka denda sampai hukuman kurungan penjara pun sudah menanti. 

"Betul, (pelanggar dikenakan pasal) 287 ayat 1, sanksi kurungan 2 bulan atau denda Rp 500 ribu," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir seperti dikutip dari detikcom, beberapa waktu lalu.

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 13 September 2019 - 10:14 WIB

LinkAja Mudahkan Pembayaran PBB DKI Jakarta