Bank Dunia Nilai Indonesia Tak Bisa Ekspor Mobil Listrik

itoday - Bank Dunia melalui dokumennya yang tertanda September 2019, 'Global Economic Risk and Implications for Indonesia', menyimpulkan bahwa Indonesia tidak bisa mengekspor mobil listrik sebab bukan bagian rantai pasokan otomotif global.

Dicontohkan pada mobil listrik Tesla Model X yang populer di Amerika Serikat, tidak ada satupun komponennya berasal dari produsen komponen di Indonesia.

Menurut Bank Dunia ada empat hal penyebab Indonesia terputus dari rantai pasokan komponen manufaktur otomotif dunia.

Pertama, impor untuk memproduksi produk ekspor dinilai mahal, terlalu lama, dan tergantung 'kebijakan non-tarif'. Bank Dunia menyoroti kebijakan pre-shipment inspections di pelabuhan pada produk impor seperti baja dan ban, rekomendasi impor dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang mengontrol barang impor, dan penyesuaian Standar Nasional Indonesia yang dikatakan sebagai verifikasi pihak ketiga.

Ekspor juga disebut akan tidak kompetitif sebab sebagian besar produk impor kena pajak impor seperti 15 persen pada ban. Bank Dunia juga menyebut Indonesia tidak memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) seperti insinyur manufaktur dan insinyur desain.

Bank Dunia menilai pemerintah Indonesia fokus pada Current Account Deficit (CAD) sedangkan solusi yang dikatakan seharusnya dilakukan mengacu pada Foreign Direct Invesment (FDI). Selain itu disinggung juga tentang kelistrikan di Indonesia yang mahal dan tidak bisa lebih diandalkan ketimbang negara tetangga.

Diskresi kebijakan dari kementerian pun dinilai menjadi masalah besar buat ekspor dari Indonesia. Diungkapkan, surat rekomendasi impor dari Kemenperin seharusnya menghabiskan waktu lima hari namun disebut bisa sampai 3-6 bulan, bahkan lebih.

Hal lain yang disinggung, Kemenperin dan Kementerian Perdagangan tidak bisa memutuskan apakah impor ban vulkanisir membutuhkan surat rekomendasi atau tidak. Hal ini diungkap bikin Bridgestone menghentikan jalur produksi ban vulkanisir di Indonesia.

Komentar

Artikel Terkait