Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Terbaru Meluncur Hari Ini

itoday - Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mendapat penyegaran. Ini setelah Toyota dan Daihatsu mengonfirmasi peluncuran model terbaru kedua MPV entry level tersebut hari ini.

Masing-masing, Daihatsu Sigra diluncurkan di kawasan BSD City, Tangerang, Senin (16/9/2019) pagi. Kemudian, Toyota Calya dirilis di kawasan pusat bisnis Jl Sudirman, Jakarta, pada siangnya.

Diketahui, mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut dirancang sejak awal oleh Daihatsu. Model ini didasarkan dari mobil konsep UFC-3 Daihatsu yang dipresentasikan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 Jakarta.

Sebagai perusahaan yang berada dalam satu payung, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) kemudian memasarkan mobil ini di Indonesia pada 2016. Di mana Toyota mengambi namal Calya, dan Daihatsu memilih Sigra.

Masing-masing nama, Calya diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti sempurna. Sementara Sigra memiliki arti respons cepat.

Kedua kendaraan tersebut berbagi platform dengan mobil low cost green car (LCGC) Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Di mana jantung pacu Toyota Calya dan Sigra sama-sama menggendong mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama digunakan Agya dan Ayla.

Kode kedua mesin ini menggunakan akhiran VE, bukan FE karena kedua engine dikembangkan secara khusus oleh Daihatsu dan digunakan di mobil produksinya yang lain, seperti Avanza dan Xenia.

Calya dan Sigra diposisikan berada di bawah Avanza dan Xenia. Di mana kedua mobil ini berhadapan langsung dengan Datsun Go+.

Calya dan Sigra sendiri diperkenalkan perdana pada 2 Agustus 2016. Kemudian, diluncurkan di depan publik dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, pada 11 Agustus 2016.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 16 September 2019 - 10:46 WIB

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Terbaru Meluncur Hari Ini

Senin, , 10 April 2017 - 17:14 WIB

Toyota Yakin Calya Tak Akan Geser Avanza