Pertama Kalinya Toyota Manufacturing Dipimpin Orang Indonesia

itoday - Warih Andang Tjahjono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan menduduki posisi baru yakni sebagai Presiden Direktur mulai 1 April 2017. Warih begitu sapaan akrabnya akan menggantikan Masahiro Nonami yang sudah menduduki posisi tersebut sejak 2010. Nantinya, Nonami akan menempati posisi baru di TMMIN. 

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah itu telah memiliki pengalaman bekerja di TMMIN selama hampir 30 tahun. Dengan penetapan Warih sebagai Presiden Direktur, maka ini pertama kalinya orang Indonesia menduduki pucuk pimpinan di perusahaan afiliasi manufaktur Toyota di kawasan Asia Pasifik. 

“Saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN. Saya sangat menghormati integritas, kerja keras, dan rasa cinta Indonesia dari pendahulu saya, Masahiro Nonami, yang telah sukses membawa posisi TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di Asia Pasifik. Menatap ke depan, berlandaskan fondasi kuat yang telah ditinggalkan oleh Pak Nonami, saya bertekad untuk memastikan bahwa TMMIN terus memberikan yang terbaik dalam menghadapi tantangan yang semakin ketat seiring dengan upaya terus-menerus mendukung dan memberikan kontribusi pada perkembangan industri automotif Indonesia," ujar Warih dalam keterangan persnya yang diterima Okezone, Senin (13/3/2017). 

TMMIN bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan produksi dan ekspor mobil Toyota di Indonesia. Pertama didirikan dengan nama PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 1971. Lalu pada 2003 terjadi restrukturisasi dari TAM ke TMMIN. Dengan begitu, masing-masing perusahaan memiliki Presiden Direktur sendiri. Sachio Yamazaki menjadi Presiden Direktur pertama TMMIN. Setelah masa jabatannya habis, ia digantikan oleh Hidematsu Ibaragi, lalu Masahiro Nonami. Kemudian mulai bulan depan, posisinya akan diisi oleh Warih Andang Tjahjono. 

TMMIN sudah memiliki lima fasilitas produksi yang tersebar di kawasan Sunter, Jakarta, dan Karawang, Jawa Barat. Dari kelima fasilitas ini, TMMIN memproduksi Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, dan Etios Valco, serta dua tipe mesin bensin yaitu TR-K dan R-NR. Tahun lalu, lebih dari 218.000 unit mobil utuh dan 210.000 mesin utuh diproduksi oleh fasilitas-fasilitas TMMIN.

Sumber: okezone

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 303 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 295 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 434 kali

Nokia hadir di MWC 2017