Giliran Peugeot Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di Singapura

itoday - Perusahaan startup asal Amerika Serikat, nuTonomy, mengoperasikan taksi tanpa sopir atau kendaraan otonom di Singapura pada 2016. 

NuTonomy mengklaim, sebagai perusahaan yang mengoperasikan angkutan umum otonom pertama di dunia yakni di Singapura di saat perusahaan lain masih melakukan uji coba. 

Keberhasilan nuTonomy dalam mengoperasikan taksi otonom mendapat sambutan positif dari produsen mobil. Belum lama ini Peugeot tertarik untuk menguji mobil tanpa sopir di Singapura dengan mengandeng nuTonomy. Rencananya pengujian baru akan dilaksanakan pada September 2017. 

"Kami yakin kerjasama dengan Group PSA (induk dari Peugeot) ini membawa kami lebih dekat lagi untuk merealisasikan kendaraan otonom yang aman dan efisien untuk penggunaan di lingkungan perkotaan," kata CEO nuTonomy, Karl Iagnemma. 

Sementara itu, Anne Laliron dari PSA mengatakan, "Kerjasama ini merupakan langkah signifikan menuju kendaraan otonom, yang memungkinkan kami menawarkan solusi mobilitas yang berbeda kepada pelanggan. Kami sangat antusias bekerja sama dengan tim software dan ahli robotics nuTonomy untuk membuat mobil konsep self-driving PSA semakin mendekati kenyataan." 

Mobil yang akan digunakan dalam uji coba ini adalah Peugeot 3008. NuTonomy menginstal teknologi otonom, seperti perangkat lunak dan perangkat keras berupa sensor, kamera, platform komputer, dan lainnya, pada model tersebut. 

Dua bulan lalu, Peugeot 3008 mendapat gelar sebagai European Car of the Year. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa produsen memilih crossover ini untuk menguji teknologi mobil otonom. 

Mengunakan platfom EMP2, membuat Peugeot 3008 terbaru lebih ringan 100 kilogram dibanding model sebelumnya. Meski panjangnya hanya 4.450 milimeter, model baru ini memiliki wheelbase 80 mm lebih panjang dari sebelumnya. 

Peugeot menyediakan dua mesin bensin dengan turbo dan empat mesin diesel. Pilihan transmisi yaitu manual atau otomatis enam percepatan. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1068 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1047 kali

sahabat total episode 1