Rencana Sistem Ganjil-Genap di Jalan Tol Saat Lebaran Ditangguhkan

itoday - Wacana penerapan pembatasan kendaraan dengan sistem nomor ganjil-genap selama masa mudik Lebaran 2017 di jalan tol, akhirnya ditangguhkan sesuai masukan atau rekomendasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) yang disampaikan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Ditundanya penerapan ganjil-genap di jalan tol untuk masa mudik lebaran tahun ini dikarenakan regulasi atau dasar hukumnya belum ada. Termasuk juga kesiapan sistem rekayasa lalu lintas di jalan arteri belum memadai untuk mengimbangi rekayasa ganjil-genap di jalan tol.

Dalam kesempatan lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, lansir situs resmi Kementerian Perhubungan bahwa sempat menyampaikan ulasannya, mengingat lokasi penerapan sistem ganjil-genap di jalan tol saat lebaran ini mencakup wilayah atau lokasi yang sangat luas. Maka dikhawatirkan jika diberlakukan, akan lebih mempersulit masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman.

Terkait kesiapan sarana dan prasarana transportasi pada masa angkutan lebaran 2017, Menhub menyampaikan telah mencapai 80%. Kementerian Perhubungan mengkoordinasikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran pada 48 Terminal Bus utama; 35 Bandara; 52 Pelabuhan; 7 Lintasan Penyeberangan; 9 Daerah Operasi Perkeretaapian di Jawa; dan 3 Divisi Regional pekretertapian di Sumatera.

Bagi pengguna mobil pribadi, Menhub berpesan jangan terlalu mengandalkan dan mengkonsentrasikan mudik melalui jalan tol Cipali, tetapi juga gunakan jalan Pantura atau Jalur Selatan yang sama baiknya.

Sementara untuk yang akan menggunakan sepeda motor, Menhub kembali menghimbau kepada pemudik untuk mengikuti angkutan mudik gratis yang telah disediakan Kemenhub dan mitra kerja.

“Keselamatan di jalan raya kita ingatkan kepada pemudik dengan sepeda motor, kita himbau untuk menggunakan angkutan mudik gratis yang sudah disediakan dengan menggunakan kapal, kereta api, truk (untuk angkut sepeda motor) dan bus. Daftarnya bisa secara online di http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web,” paparnya

Sumber:Dapurpacu 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1472 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1424 kali

sahabat total episode 1