Thailand Pimpin Pertumbuhan Penjualan Mobil ASEAN

itoday - Penjualan mobil baru di Asia Tenggara kembali menggeliat, di mana mengalami kenaikan 4 persen menjadi 256.647 unit pada April. Ini merupakan pertumbuhan keenam berturut-turut (year-on-year), meskipun kenaikannya lebih lambat dari pada Februari dan Maret 2017.

Mengutip Nikkei, Minggu (4/6/2017) Thailand mengalami lompatan tertinggi, karena pasar otomotif terbesar kedua di kawasan itu mencatat kenaikan keseluruhan 15 persen, yang dibantu oleh lonjakan 23 persen dari segmen mobil penumpang.

Pasar otomotif Thailand mengalami pemullihan secara berkelanjutan, sampai akhirnya mencapai pertumbuhan dua digit berturut-turut. Pemimpin pasar Toyota Motor dan Mitsubishi Motors yang ada di posisi keempat, terus memperkuat pangsa pasar mereka.

Sementara untuk pasar Indonesia, penjualannya juga ikut menyumbang pertumbuhan pada bulan keempat 2017, tapi hanya sebesar 6 persen, di mana merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara. Meski begitu, untuk pasar Vietnam dan Singapura sedikit mengalami penurunan.

Kemudian Malaysia memperoleh pertmbuhan tipis, atau hanya 1 persen. Kabar terbaru di Malaysia yaitu mengenai Zhejiang Geely Holding Group, induk perusahaan pembuat mobil besar China, Geely, yang sepakat membeli 49 persen saham mobil Malaysia Proton Holdings.

Secara total Asia Tenggara, penjualan juga didominasi sekitar 80 persen oleh produk mobil asal Jepang, di banding dari negara lainnya. 

Sumber: Kompas

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 15 Agustus 2017 - 21:47 WIB

Indonesia Imbangi Thailand 1-1

Jumat, , 11 Agustus 2017 - 09:01 WIB

Timnas Indonesia Tahu Cara Bikin Thailand Menderita

Telah dilihat : 1058 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1037 kali

sahabat total episode 1