Malaysia Jadi Negara Pertama di Luar Jepang yang Jual Honda Jazz Hybrid

itoday - Honda Malaysia (HM) secara resmi meluncurkan Jazz facelift. Perubahan kecil dilakukan Honda untuk menyegarkan kembali tampang hatchback andalannya itu. Jazz terakhir kali mendapat penyegaran pada 2014. Menariknya selain mesin konvensional, Honda juga menawarkan varian hybrid. Dengan begitu Malaysia menjadi negara pertama di luar Jepang yang memasakan Jazz Hybrid. 

Salah seorang petinggi HM mengatakan, "ini karena insentif Energy Efficient Vehicle (EEV) negara kita serta penerimaan pasar mobil hybrid yang tinggi," katanya seperti dikutip dari Paultan. 

Honda Jazz Hybrid terbaru didukung oleh sistem Intelligent Dual-Clutch Drive (i-DCD) Sport Hybrid yang menggantikan sistem Integrated Motor Assist (IMA). Sektor pacunya diisi oleh mesin bensin 1,5 liter, dengan transmisi otomatis dual-clutch tujuh percepatan. Mesin dihubungkan ke motor listrik dan baterai lithium-ion. Bila bekerja secara bersamaan tenaga yang dihasilkan mencapai 137 ps dan torsi puncak 170 nm. 

Honda mengklaim melalui teknologi baru yang disematkan pada Jazz Hybrid mampu mencapai konsumsi bahan bakar 4.0 liter per 100 kilometer. Angka tersebut berbeda jauh sekali bila dibandingkan dengan Jazz bermesin bensin 1,5 liter dengan konsumsi bahan sekira 25 km per liter. 

Honda adalah pelopor kendaraan hybrid di pasar Malaysia. Model Honda yang pertama kali menggunakan sistem hybrid Civic. Pada 2011-2013 merupakan era keemasan bagi kendaraan hybdir di mana pemerintah Malaysia membebaskan pajak bagi produsen yang mendatangkan mobil hybrid dalam bentuk tuh atau CBU. Program tersebut langsung dimanfaatkan Honda dengan meluncurkan CR-Z. Pada akhir 2013, Honda memiliki pangsa pasar 55% dari pasar hybrid lokal, sebelum program bebas pajak mobil hybrid CBU ditutup.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 718 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 712 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 889 kali

Nokia hadir di MWC 2017