Minat Yamaha XMAX, Harus "Puasa" Sampai 2018

itoday - Di saat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kelabakan dengan NMAX dan Aerox 155 yang diantre 2-3 bulanan, XMAX 250 justru makin parah. Jika Anda minat, lalu pesan sekarang, Anda harus sabar menunggu minimal sampai tahun depan!

Ya, begitulah kenyataannya. ”Mainan” YIMM kini tak melulu skutik kecil lagi sekelas Mio. Mereka sekarang sibuk dengan urusan maxi scooter (skuter bongsor) yang pemesanannya seakan tak kunjung ada habisnya.

Kepada KompasOtomotif, salah satu calon konsumen melaporkan bahwa di salah satu diler, inden XMAX 250 bisa sampai sembilan bulan. ”Kalau pesan Juni (2017) misalnya, unit bisa sampai Maret (2018). Itu minimal, bisa lebih panjang,” kata calon konsumen yang akhirnya mengurungkan niat membeli.

Bertepatan dengan peluncuran X-Ride 125, Jumat (9/6/2017) lalu, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, KompasOtomotif menanyakan langsung kepada GM Aftersales & Public Relations YIMM M Abidin. Jawabannya simpel dan menunjukkan untuk saat ini belum ada solusi ekstrem untuk memecahkannya.

”Kalau nanya di diler, memang antrien sudah panjang banget, saya sudah lihat. Inden tembus 1.000 unit dalam sehari pemesanan online. Ya namanya motor premium harga Rp 55 juta siapa sih yang menyangka bisa dipesan sebanyak itu? Enggak ada. Ya kami kaget juga,” kata Abidin.

Lebih jauh, Abidin mem-break down posisi pemesanan XMAX sampai saat ini. Total pemesan lebih dari 3.500 unit. Dari jumlah itu, 2.000-an di antaranya hasil dari penjaringan inden online. Lalu, 800 unit pemesanan konsumen dari luar Jawa.

Itu pun masih ditambah lagi dengan 300-an unit pemesan di IIMS 2017, April lalu, yang dijanjikan bakal mendapat unit sekitar Juli-Agustus 2017. Sementara pemesanan pertama hasil dari IMOS 2016 sudah dikirim ke rumah konsumen.

Dalam sebulan, pabrik YIMM di Pulogadung hanya bisa memproduksi 1.000-an unit XMAX 250 jika berjalan dengan normal. Saat ini inden pun ditutup, karena YIMM hanya akan mendata peminat, selama periode waktu yang belum bisa ditentukan.

"Xmax kita nggak mau ribut-ribut, karena kepanjangan. Diomongin percuma, karena dia bisa ngomong sendiri, nggak perlu campaign, iklan, kita bingung suplainia. Ini yang order sekarang dapatnya kapan, belum tahu," kata Abidin.



Sumber: Kompas.com

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 23 Oktober 2017 - 00:17 WIB

V-Ixion Diklaim Sebagai Motor Sport Paling Laku Sedunia

Minggu, , 15 Oktober 2017 - 00:28 WIB

Didesain untuk wanita, ini spesifikasi Yamaha Mio S

Telah dilihat : 1484 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1434 kali

sahabat total episode 1