Instrumen Keselamatan 'Halo' di Mobil Formula 1 Resmi Dipergunakan

itoday - Formula 1 musim 2018 secara resmi akan mengadopsi instrumen keselamatan bernama 'Halo'. Meski menuai banyak kritik, perangkat tambahan yang mengubah tampilan mobil itu dianggap memberi jaminan pada keselamatan pembalap.

Dikutip Crash.net, Jumat (28/7/2017) instrumen keselamatan halo secara resmi akan digunakan pada mobil Formula 1 musim depan. Sejumlah fakta menarik mewarnai keberadaan instrumen tambahan tersebut. (Baca juga: Formula 1 Terus Kembangkan Instrumen Halo)

Instrumen halo akan mengubah tampilan mobil, dimana pada bagian kokpit mobil, akan ditambahkan semacam jendela guna melindungi pembalap dari benturan langsung ketika terjadi kecelakaan. Namun, banyak pembalap yang beranggapan istrumen tambahan tersebut menggangu pandangan driver. 

Berikut fakta menarik instrumen halo
- Pengembangan instrumen keselamatan halo telah dimulai sejak 2011, melibatkan 10 desain.
- Perinsip utama halo mencegah benda eksternal seperti roda mobil menghantam pembalap secara langsung.
- Sebastian Vettel dari Ferrari mengaku terganggu dengan adanya instrumen halo.
- FIA melakukan uji coba instrumen tersebut selama beberapa tahun terakhir, mereka mengatakan hasilnya positif.
- FIA melakukan simulasi dengan menembakkan beberapa benda kecil ke mobil, meski tidak menjamin 100%, mereka menganggap halo mampu melindungi pembalap.
- Instrumen halo akan diproduksi satu perusahaan untuk dibagi-bagi ke tim balap, namun FIA belum memutuskan perusahaan tersebut.
- Tim diizinkan menempatkan nama sponsor di instrumen halo guna mendapatkan pemasukan tambahan.
- Tim diizinkan menguji instrumen halo pada sesi latihan bebas di sisa musim ini, termasuk pada grand priz terdekat di Hungaria, 28-30 Juli 2017.



Sumber: sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1102 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1077 kali

sahabat total episode 1