Nilai Ekspor Mobil Indonesia Tembus USD600 Juta

itoday - Ekspor kendaraan Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Bahkan ekspor mobil sudah surplus dibandingkan impor. Pada 2015, nilai ekspor kendaraan Indonesia mencapai USD466 juta. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia sudah menjadi nett exporter di bidang industri automotif. Jumlah mobil yang diekspor sudah lebih tinggi dari impornya. 

"Industri masih tumbuh dan ekonomi kita masih terjaga di level 5 persen. Maka artinya ekonomi Indonesia masih kuat. Ini akan membawa optimisme kepada kita semua. Yang menarik adalah, ekspor mengalami kenaikan (dibandingkan ompor CBU). Kalau di tahun 2015 kita sudah surplus USD466 jutaan, di akhir tahun 2016 sudah meningkat menjadi USD600 juta (sekira Rp7,9 triliun). Jadi kita sudah menjadi nett exporter dari automotif," ungkap Airlangga, saat membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (10/8/2017). 

Pertumbuhan industri automotif dalam negeri, lanjut dia, juga diimbangi dengan meningkatnya investasi. Disebutkannya, di tahun 2017 nilai investasi yang sudah terselesaikan mencapai Rp16,5 triliun. Investasi itu di antaranya digunakan untuk membangun pabrik baru serta fasilitas produksi. 

"Kalau dilihat investasi di sektor autiomotif di 2017, nilai yang diselesaikan sudah mencapai Rp16,5 triliun. Jadi ini penting bahwa industri ini terus tumbuh dan investor confidence terhadap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah," imbuhnya, 

Dampaknya, lanjut dia, serapan tenaga kerja juga bertambah. Investasi baru di sektor automotif mampu menyerap 5.000 tenaga kerja. Sehingga, total tenaga kerja yang berkaitan langsung dengan industri automotif kini sudah mencapai 1 juta orang. Jumlah itu belum termasuk sektor yang tidak terkait langsung dengan industri, seperti diler, bengkel, dan pelayanan purnajual. Bahkan, angkanya jauh lebih tinggi lagi. 

"Di sektor ini mungkin mencapai 1 juta orang dan secara tidak langsung yang terkait dngan sektor ini adalah 5 juta orang," pungkasnya.

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 14 Desember 2017 - 12:35 WIB

Ini Mobil Petualang Toyota pada Masa Depan

Jumat, , 08 Desember 2017 - 16:48 WIB

Ford Gandeng Alibaba Genjot Penjualan Mobil Online

Telah dilihat : 1906 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1878 kali

sahabat total episode 1