Karyawan Apple Bakal Diantar-Jemput Mobil Tak Bersopir

itoday - Perusahaan teknologi raksasa Apple segera menunjukkan teknologi mobil tanpa sopir atau berteknologi otonom. Namun Apple akan mengoperasikannya terlebih dulu ke karyawannya. 

Rencananya mobil pintar itu akan menjadi shuttle yang mengantar para karyawan Apple dari satu gedung ke gedung lainnya di kantor Cupertino, California. Shuttle itu juga akan mengantar karyawan ke jalan Palo Alto. Karena itulah proyek ini dinamakan PAIL atau Palo Alto to Infinite Loop. 

Apple akan mengikuti langkah Waymo, perusahaan yang merupakan bagian dari Google, serta Uber, dalam menguji coba mobil otonom di jalan perkotaan. 

Mobil shuttle ini diyakini merupakan prototipe kendaraan otonom Apple yang akan dikomersialisasikan dalam beberapa tahun mendatang. Setidaknya mobil masa depan itu akan menggunakan teknologi yang sama, meski wujudnya bisa saja berbeda. 

Apple pernah menyatakan hanya mengembangkan teknologi, bukan kendaraannya. Namun hal itu belum bisa dipastikan. Jika benar, besar kemungkinan teknologi kendaraan otonom Apple bisa digunakan pada mobil apa saja. (

Sejauh ini belum ada informasi bagaimana wujud dari mobil shuttle tersebut. Apple diketahui sudah beberapa kali melakukan uji coba mobil berteknologi otonom menggunakan kendaraan Lexus RX 450h. Pada April lalu, Department of Motor Vehicle California memberi izin kepada Apple untuk menguji coba tiga mobil SUV berteknologi otonom. Bahkan laporan lain juga menyebut bahwa Apple sudah menguji beberapa mobil otonom di San Francisco Bay dalam setahun terakhir. 

CEO Apple Tim Cook sebelumnya menegaskan bahwa pihaknya fokus menyelesaikan teknologi mobil pintar itu. "Kami fokus pada sistem otonom. Ini merupakan inti dari teknologi yang kami pandang sangat penting. Induk dari semua proyek kecerdasan buatan. Mungkin ini adalah proyek kecerdasan buatan paling sulit yang dikerjakan," kata Cook, kepada Bloomberg, pada Juni lalu. 

Proyek pengembangan kendaraan otonom Apple nantinya juga diarahkan untuk penyewaan berbasis aplikasi.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1735 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1695 kali

sahabat total episode 1