Lupa Isi Air Aki Bisa Sebabkan Aki Meledak

itoday - Memperhatikan kondisi aki menjadi salah satu faktor penting untuk menghindari terjadinya ledakan pada kendaraan. Selain saat dipasang pada kendaraan, aki juga perlu diperhatikan kondisinya saat akan diisi ulang dayanya (recharging).

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengisi ulang daya aki adalah memastikan air aki dalam jumlah yang cukup. Karena jika kurang, aki berpotensi besar menyebabkan ledakan dari dalam saat disetrum.

Ledakan dari dalam ini disebut yang sulit dihindari seperti dijelaskan oleh President Director Furukawa Battery Indonesia, Andreas Dhanu Sugih.

“Umumnya yang tidak bisa dihindari adalah ledakan dari dalam. Contoh sekarang kamu baterainya kering, lupa diisi air, konsekuensi kalau lupa isi air kan dia waktu dipakai jadi panas,” kata Andreas seperti dilansir Dapurpacu.com, Rabu (6/9).

“Disetrum, begitu disetrum yang nggak diisi air kan dia dapat panas lebih banyak daripada yang ada airnya kan, panas itu yang menyebabkan tekanan lebih besar.

“Tekanan yang lebih besar itu yang menyebabkan ledakan dari dalam.”

Sementara sebaliknya, jika jumlah air aki melebihi kapasitas yang dianjurkan, akan berakibat terjadi pengapuran pada kepala aki. Reaksi ini akan membuat kerja aki tidak maksimal dan memperpendek usia pakai aki. 

 

Sumber: Dapurpacu

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 15 Februari 2018 - 12:56 WIB

Haas Tim Pertama yang Luncurkan Mobil Formula 1 2018

Rabu, , 07 Februari 2018 - 00:35 WIB

Porsche akan Lipatgandakan Investasi Mobil Listrik

Telah dilihat : 2732 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2715 kali

sahabat total episode 1