Gerbang Tol Cikampek Mulai Terapkan Non Tunai

itoday - Setelah ruas tol Jagorawi, PT Jasa Marga Persero Tbk, mulai menerapkan transaksi non tunai di seluruh gerbang tol Jakarta-Cikampek. Proses pelaksanaan dilakukan secara bertahap yang sudah dilaksanakan sejak 17 September 2017 lalu.

Menurut DGM Traffic Management Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Cece Kosasih, dengan peralihan dari tunai menjadi non tunai menggunakan uang elektronik diharapkan bisa mengurangi terjadinya volume penumpukan di gerbang tol akibat waktu transaksi yang lama.

“Penggunaan uang elektronik di gerbang tol akan mempersingkat waktu transaksi pengguna jalan karena lebih mudah dan praktis. Jika dibandingkan dengan transaksi uang tunai, penggunaan uang eletronik ini dapat memangkas separuh waktu transaksi lebih cepat,” kata Cece dalam siaran pers Jasa Marga, Kamis (21/9/2017).

Secara umum, Jasa Marga membagi dua periode perubahan metode pembayaran transaksi yang dimulai sejak bulan September hingga akhir Oktober 2017. Setelah 17 September 2017 di lakukan di Ramp Pondok Gede Timur 2 arah Jakarta, dan Tambun arah Jakarta.

Penerapan berlanjut pada 24 September di Ramp Pondok Gede Barat arah jakarta, Bekasi Barat 2, dan Bekasi Timur 2. Sedangkan sisa gerbang lain, akan berlanjut awal Oktober 2017.

Selain menggiatkan sosialisasi pada seluruh stakeholder, Jasa Marga telah menyiapkan infrastruktur sarana dan prasarana berupa gardu tol yang seluruhnya dapat menerima pembayaran non tunai. Jasa Marga juga bekerjasama dengan Bank Issuer uang elektronik untuk menyediakan kebutuhan kartu yang dibutuhkan oleh pengguna jalan.

“Diharapkan, penerapan transaksi 100 persen non tunai secara bertahap dapat membantu sosialisasi sejak dini kepada pengguna jalan. Hal ini merupakan bentuk antisipasi sebelum penerapan pada seluruh gerbang tol Jasa Marga pada tanggal 31 Oktober 2017,” ucap Cece.

 

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 25 September 2017 - 01:35 WIB

Gerbang Tol Cikampek Mulai Terapkan Non Tunai

Telah dilihat : 1484 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1434 kali

sahabat total episode 1