Irak Gelar Operasi Pembersihan di Perbatasan Suriah

itoday - Pasukan Irak melancarkan operasi pembersihan militan ISIS di sebuah wilayah padang pasir di dekat perbatasan dengan Suriah. Ini adalah sebuah kampanye terakhir untuk membuat Irak bersih dari kehadiran ISIS.

Militer Irak menuturkan, pasukan gabungan yang terdiri dari tentara Irak dan Pasukan Mobilisasi Rakyat Syiah (PMF) mengambil bagian dalam kampanye melawan militan yang bersembunyi di sebidang tanah perbatasan yang luas.

"Tujuan di balik operasi ini adalah untuk mencegah agar anggota ISIS yang tersisa tidak menyebar ke wilayah gurun dan menggunakannya sebagai basis serangan di masa depan," kata pejabat militer Irak Kolonel Salah Kareem, seperti dilansir Reuters pada Kamis (23/11).

Sebelumnya, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menuturkan, kehadiran ISIS secara militer telah habis di Irak. Menurut Abadi, dalam waktu dekat kehadiran ISIS akan benar-benar habis di Irak.

Berbicara di sebuah briefing berita mingguan di Baghdad, Abadi mengatakan, keberadaan ISIS di daerah gurun di sebelah barat kota Anbar akan segera berakhir. "Kemudian, ini akan menjadi kemenangan penuh. Hari itu akan dinyatakan sebagai "hari nasional" di Irak," kata Abadi dalam briefing tersebut.

ISIS baru-baru ini mengalami serangkaian kekalahan yang menghancurkan di Irak, dan Suriah. Pada 17 November, Menteri Dalam Negeri Irak Qasim al-Araji menyatakan bahwa kehadiran kelompok teroris ISIS di Irak telah berakhir menyusul "pembebasan" kota Rawa di provinsi Anbar.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 2262 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2232 kali

sahabat total episode 1