Jokowi: Indonesia Negara Besar, Jangan Cari Bantuan Negara Lain

itoday - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan kepada para menterinya untuk tidak mencari-cari bantuan kepada negara lain. Jokowi mengatakan, Indonesia sudah masuk anggota G-20 dan berkategori negara besar.

”Ini yang perlu saya ingatkan, kita ini negara anggota G-20, sudah masuk dalam kategori negara besar. Jangan lagi merasa inferior, kita ini anggota G-20. Saya sampaikan kepada para menteri jangan mencari-cari bantuan, tapi harus membantu,” kata presiden dalam pidatonya di depan para diplomat Indonesia di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Senin (12/2/2018).

Mantan Walikota Surakarta yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta kepada seluruh kepala perwakilan Indonesia di luar negeri untuk tidak lagi menganggap bahwa Indonesia adalah negara kecil yang masih membutuhkan bantuan dari luar negeri.

Jokowi berujar, menjadi diplomat saat ini tidak mudah. Banyak tantangan dan juga rintangan yang dihadapi oleh diplomat Indonesia pada saat ini, mulai dari konflik berkepanjangan, kejahatan lintas batas, dan banyak tantangan lainnya.

Kendati demikian, Jokowi berpesan agar para diplomat Indonesia tetap harus mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat Indonesia dan teguh dalam memperjuangkan wilayah Indonesia.

”Masyarakat kita yang berjumlah 260 juta jiwa mengharapkan agar diplomat kita mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat Indonesia,” kata Jokowi.

”Diplomasi yang cepat, responsif, tanggap. Bukan diplomasi yang menghamburkan uang, tapi yang menghasilkan uang,” ujarnya. 

“Diplomasi yang berpihak kepada kepentingan negara, kepada kedaulatan negara, yang tidak akan mundur satu inci pun dalam mempertahankan kedaulatan negara. Memberi kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia,” imbuh Presiden Jokowi.

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 3385 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3604 kali

sahabat total episode 2