Pengamat: Izin Tenaga Kerja Asing Dipermudah, Rezim Jokowi “Rusak” Anak Bangsa

itoday - Dengan mempermudah perizinan tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia, bisa dikatakan Pemerintahan Rezim Joko Widodo (Jokowi) telah “merusak” anak bangsa.

Penegasan itu disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (09/03). "Seharusnya Rezim Jokowi mengutamakan tenaga kerja dalam negeri. Di mana saat ini pengangguran kalangan sarjana sangat tinggi," beber Muslim.

Menurut Muslim, seharusnya Rezim Jokowi tidak memberi kelonggaran izin tenaga kerja asing. "SDM Indonesia bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Harusnya pemerintah memberikan proteksi dan bantuan bagi pekerja dalam negeri," papar Muslim.

Muslim mengatakan, fakta yang ada di lapangan buruh kasar sudah ada dari kalangan asing. "Rakyat Indonesia hanya jadi penonton di rumahnya sendiri," papar Muslim.

Sebelumnya, Menaker Hanif Dhakiri mengatakan persoalan tenaga kerja asing perizinannya akan ditata biar lebih cepat, lebih baik tetapi tetap skema pengendaliannya jelas.

“Jadi izin dibuat mudah, perizinan dibuat mudah. Tetapi, pengawasannya juga diperkuat. Jangan sampai kemudian terbalik, misalnya izinnya ruwet, pengawasannya lemah. Itu kan malah terbalik,” ujar Hanif.

Komentar

Artikel Terkait