DK PBB Tolak Resolusi Rusia Soal Serangan ke Suriah

itoday - Dewan Keamanan (DK) PBB menolak resolusi yang diajukan Rusia, yang berisi seruan untuk mengutuk serangan udara yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS), Prancis dan Inggris di Suriah.

DK PBB mengadakan pertemuan darurat atas permintaan Rusia, yang mengutuk serangan udara yang dipimpin AS pada Suriah, semalam. Tujuh negara menolak resolusi itu, dengan hanya tiga yang mendukung. Sementara lima lainnya abistan.

China dan Bolivia memilih mendukung resolusi, sementara AS, Inggris, Prancis, Swedia, Polandia, Pantai Gading, Kuwait dan Belanda menentangnya. Sementara Peru, Kazakhstan, Ethiopia dan Guinea abstain.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, kemudian mengutuk serangan udara sebagai hooliganisme dalam hubungan internasional. “Rusia mengutuk serangan terhadap Suriah. Tindakan AS di Suriah membuat situasi destruktif saat ini lebih buruk," kata Nebenzia.

Sementara itu, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan Rusia menggunakan veto untuk "membunuh" Mekanisme Investigasi Gabungan, alat untuk mencari tahu siapa yang menggunakan senjata kimia. Veto ini yang kemudian membuat AS memutuskan untuk bergerak sendiri dan menyerang Suriah.

"Veto Rusia adalah lampu hijau bagi rezim Assad untuk menggunakan senjata paling biadab ini terhadap rakyat Suriah, sepenuhnya melanggar hukum internasional," katanya.

"Saya berbicara kepada Presiden Donald Trump pagi ini dan dia mengatakan jika rezim Suriah menggunakan gas racun ini lagi, AS sudah menguci dan siap mengokang senjata. Ketika Presiden kami menarik garis merah, Presiden kami memaksakan garis merah." imbuhnya.

Komentar

Artikel Terkait

Minggu, , 20 Mei 2018 - 00:20 WIB

Trump Cabut Bantuan untuk Suriah Barat Laut

Minggu, , 29 April 2018 - 00:05 WIB

Menhan Israel Bilang Rusia Aktor Pragmatis di Suriah

Telah dilihat : 142 kali

Euforia Persija Jakarta Juara Part 2

Telah dilihat : 153 kali

Euforia Persija Jakarta Juara

Telah dilihat : 1616 kali

Video klip #2019GantiPresiden