Power Bank Meledak di Dalam Pesawat Royal Brunei Airlines saat Mengudara

itoday - Insiden berbahaya dialami pesawat Royal Brunei (RB) Airlines. Rute penerbangan dari Hong Kong ketakutan ketika power bank milik seorang penumpang meledak dan membuat kabin pesawat dipenuhi asap.

Beruntung insiden itu tidak membuat pesawat mengalami petaka. Semua penumpang dan awak pesawat pesawat juga tidak terluka.

Pihak maskapai nasional Brunei tersebut telah mengonfirmasi bahwa kejadian itu berlangsung pada Kamis (3/1/2019) malam.

Insiden ini pertama kali diketahui publik ketika sebuah posting dari pengguna Facebook menunjukkan video dan gambar dari insiden tersebut. 

Video dan gambar menunjukkan kabin penerbangan dipenuhi dengan asap dan penumpang menutupi hidung dan wajah mereka. Sementara itu, para pramugari dengan tenang memadamkan kebakaran kecil akibat ledakan power bank.

Cuplikan yang ditangkap oleh seorang penumpang menunjukkan seorang pria menutupi wajahnya dengan sapu tangan sementara seorang wanita lain dengan cemas melindungi bayinya.

Antisipasi langsung pramugari dan kru RB Airlines secara profesionalisme dan ketenangan mereka saat menangani situasi yang genting.

"Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti prosedur operasi standar untuk menangani insiden seperti itu secara profesional dan untuk memastikan keselamatan tamu kami setiap saat. Kami membawa peralatan keselamatan yang direkomendasikan di atas pesawat setiap saat," kata pihak maskapai dalam sebuah pernyataan, yang dilansir The Star, Sabtu (5/1/2019).

Ia menambahkan, selanjutnya penumpang harus mematuhi Pedoman Barang Berbahaya untuk bagasi atau barang bawaan sesuai dengan Peraturan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

 

Berbagai Sumber

Komentar

Artikel Terkait