10 Perusahaan Senjata yang Dominasi Perdagangan Senjata Global

itoday - Laporan terbaru dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) mengungkapkan nilai penjualan senjata dan peralatan militer global mencapai USD398,2 miliar pada tahun 2017 atau tumbuh 44 persen selama 15 tahun terakhir. Lembaga itu juga merilis perushaan-perusahaan pertahanan yang mendominasi perdagangan senjata dunia.

"Jumlah keseluruhan tidak termasuk data China karena kurangnya informasi yang tersedia untuk memungkinkan perkiraan yang masuk akal atau konsisten," tulis lembaga tersebut dalam laporannya, yang dikutip Russia Today, Sabtu (19/1/2019).

Berikut ini sepuluh besar perusahaan pertahanan yang mendominasi penjualan senjata global menurut SIPRI.

1. Lockheed Martin

Perusahaan Amerika Serikat (AS) ini dilaporkan menjual senjata senilai USD44,9 miliar pada tahun 2017 atau tumbuh 8,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Raksasa senjata yang berbasis di Bethesda tersebut tetap menjadi produsen senjata nomor satu di dunia berdasarkan data penjualan. Lockheed Martin memproduksi berbagai sistem pertahanan, dari kapal perang, rudal hipersonik hingga pesawat jet tempur. Perusahaan ini telah mengirimkan jet tempur siluman F-35, sistem senjata paling mahal di dunia, ke Pentagon.

2. Boeing

Perusahaan AS yang fokus peralatan antariksa dan pesawat ini menghasilkan USD26,9 miliar dalam penjualan produknya pada 2017. Nilai itu menandai kesenjangan substansial USD18 miliar antara Lockheed Martin dan Boeing.

"Turunnya penjualan senjata Boeing sebagian dapat disebabkan oleh keterlambatan pengiriman pesawat tanker KC-46 dan akhir pengiriman pesawat angkut C-17," bunyi laporan SIPRI.

Penjualan senjata hanya menyumbang 29 persen dari total penjaualan oleh raksasa pembuat pesawat tersebut pada 2017. Tahun lalu, Boeing berhasil menyegel berbagai kontrak dengan Pemerintah AS. Pada bulan September lalu saja, korporasi ini menandatangani lebih dari 20 kesepakatan dengan nilai total USD13,7 miliar.

Komentar

Artikel Terkait