AS Ungkap Dukungan Dalam Pilpres RI

itoday - Amerika Serikat (AS) mengungkap pihak mana yang akan mereka dukung dalam pemilihan Presiden (pilpres) Indonesia yang akan berlangsung pada pertengahan bulan April mendatang.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, yang ditemui saat acara peresmian kantor Kedutaan Besar AS yang baru di Jakarta, menuturkan, pihak yang akan didukung oleh pihaknya dalam pilpres Indonesia adalah masyarakat Indonesia.

"Terkait dengan pemilu bulan depan, saya akan memberi tahu siapa yang akan kami bela. Kami akan membela dan mendukung masyakat Indonesia," kata Donovan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (19/3).

Dia lalu menuturkan, AS sangat menghormati Indonesia, sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. "Indonesia adalah negara demokrasi, ini adalah sesuatu yang kami pahami dan kami amat sangat hormati," ucapnya.

Donovan kemudian menyampaikan harapan agar pemilu di Indonesia akan berjalan dengan damai dan dengan adil dan menegaskan AS siap untuk bekerja dengan siapapun yang dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Di kesempatan yang sama, diplomat senior AS itu turut menyinggung mengenai hubungan bilateral AS dan Indonesia, yang tahun ini akan menginjang usia 70 tahun. Dia menegaskan, sebagai salah satu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, ke depannya hubungan antar dua negara tak cuma berfokus pada relasi antar pemerintah.

"Tahun ini, inti fokus hubungan bukan cuma antar pemerintah, meski pemerintah adalah aspek penting, namun juga adalah hubungan antar masyarakat," tukasnya.

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 24 April 2019 - 14:37 WIB

Jokowi Kalah Di Kompleks Paspampres