#PrabowoMenyapaDIY jadi TT, Pengamat: Mengapa Sultan HB X Tolak Jokowi Tapi Terima Prabowo?

itoday - Sebelum menghadiri Kampanye Akbar yang digelar di Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta (04/08) capres nomor urut 02 Prabowo Subianto diterima Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan. Pertemuan yang berlangsung tertutup itu berlangsung sekitar 45 menit. 

"Kita sowan. Kita meminta izin karena saya datang ke wilayah beliau. Sudah sepantasnya kita sowan kepada pemimpin daerah," kata Prabowo kepada media usai bertemu Raja Kasultanan Yogyakarta itu. “Kami mendapat kehormatan diterima oleh Sri Sultan HB X, beliau memberi waktu. Ini kunjungan kehormatan," sambung Prabowo.

Suasana itu berbeda dengan kunjungan Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo ke Keraton Yogyakarta pada Sabtu 23 Maret 2019. Jokowi yang juga didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak memberikan keterangan apapaun kepada media, usai bertemu Sri Sultan HB X. Demikian juga Megawati maupun Hasto, setelah mengadakan pertemuan tertutup selama dua jam, keduanya juga tidak memberikan keterangan pers.

Pakar komunikasi UIN Syarief Hidayatullah, Edy Effendi, menyimpulkan bahwa dari dua pertemuan  berbeda tersebut, Sri Sultan HB X menolak Jokowi, tetapi menerima Prabowo. Edy pun meminta netizen untuk merenungkan mengapa Sri Sultan HB X lebih memilih Prabowo ketimbang Jokowi. “Kenapa Sri Sultan HB X menolak Jokowi tapi menerim Prabowo? Monggo direnungkan dalam-dalam,” tulis Edy di akun Twitter @Nadiku18 meretweet tulisan bertajuk “Temui Sri Sultan HB X di Kepatihan, Prabowo: Kita Sowan”.

Jika dirunut, sejumlah sultan dan raja Nusantara yang tergabung dalam Dewan Adat Nasional, telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Deklarasi itu disampaikan di kantor pusat DPP PDI Perjuangan, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019). Menurut Ketua Dewan Adat Nasional, Irwannur Latubual, dukungan pihaknya kepada pasangan calon nomor urut 01 sudah disepakati dalam rapat kebangsaan 12 Februari 2019.

Kampanye Akbar Prabowo Subianto di Yogyakarta hari ini (04/08) disambut antusiasme masyarakat. Di sosial media netizen menggalang hastag atau tanda pagar (tagar) #PrabowoMenyapaDIY. Hastag #PrabowoMenyapaDIY menjadi trending topic Twitter.

Wartawan senior Mega Simarmata melaporkan pandangan mata jalannya Kampanye Akbar Prabowo di Yogya. “Pendukung militan Prabowo Sandi tadi malam melakukan long march sejauh 40 km dari arah Ginung Kidul agar bisa menghadiri kampanye Prabowo di Lapangan Kridosono Yogyakarta pada hari ini,” tulis Mega di akun Twitter @MegaSimarmata dengan melampirkan video yang dimaksud.

“Pak @Prabowo sangat kagum dengan antusiasme masyarakat Yogyakarta menghadiri kampanye yang berlangsung hari ini, Senin 8 April 2019. Sehingga beliau yang tadinya mau naik ke panggung, berbalik ke arah kerumunan masyarakat untuk menyalami dan menyapanya. #PrabowoMenyapaDIY,” lapor @MegaSimarmata.

Komentar

Artikel Terkait