Surat Suara Tercoblos Capres 01 di Malaysia, Prabowo: 'Puncak Gunung Es' Kecurangan Pilpres?

itoday - Beredar video, warga pendukung capres nomor urut 02 menggrebek sebuah ruko di Bandar Baru Bangi, Selangor Malaysia, yang memuat puluhan kantong plastik berisi surat suara tercoblos. Ditemukannya surat suara yang tercoblos untuk pasangan capres/cawapres 01  itu dibenarkan Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara. Menurut Yaza, warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Selangor yang mendapati surat suara itu langsung melapor ke Panwaslu. 

"Saya mendapatkan informasi pukul 12.00, saya langsung mendatangi langsung lokasi yang katanya ada surat suara tercoblos itu," kata Yaza Azzahara seperti dikutip detikcom  (11/04). "Suratnya sah dan valid dan memang tercoblos," tambah Yaza.

Menurut Yaza, surat suara yang tercoblos untuk pasangan calon 01, juga tercoblos di kertas legislatif.  "Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," kata Yaza.

Terkait ini Bawaslu bakal merekomendasikan ditundanya pemungutan suara atau pencoblosan Pemilu serentak 2019 di seluruh Malaysia. Hal ini disampaikan anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar seperti dikutip detik.com (11/04). Pencoblosan serentak akan dilakukan pada hari Minggu, 14 April 2019.

Mantan Kasum TNI Letjen (purn) Suryo Prabowo langsung bereaksi. Prabowo pun mempertanyakan    apakah fakta itu merupakan bukti ada pihak yang ingin mengacaukan pemilu, seperti yang disampaikan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto.

“Apakah ini yang dimaksud Panglima TNI @TjahjantoHadi pihak yang ingin mengacaukan Pemilu? Ada kertas suara yang diketahui tercoblos 01 @jokowi dan @NasDem @KPU_ID @bawaslu_RI @Kemlu_RI @PolhukamRI @dpr @DPDRI,” tulis Suryo Prabowo di akun Twitter @marierteman.

Prabowo juga berharap fakta itu bukan merupakan “puncak gunung es” dari kecurangan Pilpres dan Pemilu 2019. “Terima kasih kader @PDemokrat semoga dapat ditindaklanjuti oleh @KPU_ID dan @kbrikualalumpur dan semoga ini bukan “puncak gunung es” dari kecurangan Pilpres dan pemilu 2019.  @DPR_RI @PolhukamRI @TjahjantoHadi,” tulis  @marierteman.

Praktisi hukum Johan Khan melontarkan kritik pedas. “WTF?! Kayak begini mau Pemilu dan Pilpres?!,” tulis Johan di akun  @CepJohan. @CepJohan melampirkan link berita bertajuk “Panwaslu Laporkan Surat Suara Mayoritas Tercoblos 01 di Selangor Malaysia.”

Komentar

Artikel Terkait