Sebanyak 70 Negara Desak Korut Lucuti Senjata Nuklir

itoday - Sebanyak 70 negara mendesak Korea Utara (Korut) untuk melucuti senjata nuklir, rudal balistik dan program terkait. Puluhan negara tersebut mengecam ancaman yang tidak berkurang terhadap perdamaian dunia.

Desakan itu muncul dalam dokumen yang dirancang Prancis. Puluhan negara menandatangani dokumen tersebut, termasuk Amerika Serikat dan Korea Selatan, negara-negara di Asia, Amerika Latin, Afrika dan Eropa.

Rusia dan China, yang merupakan pendukung rezim Pyongyang, tidak menandatangani dokumen tersebut.

Menurut sumber diplomatik, sekitar 15 negara menandatangani dokumen permintaan pelucutan senjata Korea Utara setelah rezim Pyongyang menguji tembak rudal terbarunya.

"Para penandatangan sangat menyesalkan ancaman serius dan tidak berkurang terhadap perdamaian, keamanan regional dan internasional yang ditimbulkan oleh program senjata nuklir dan rudal balistik yang sedang berlangsung yang dikembangkan oleh Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK)," bunyi dokumen tersebut.

"Kami mendorong DPRK untuk menghindari provokasi," lanjut dokumen rancangan Prancis tersebut, seperti dikutip AFP, Sabtu (11/5/2019). "Kami juga meminta DPRK untuk melanjutkan diskusi dengan Amerika Serikat tentang denuklirisasi."

Pyongyang telah menembakkan dua rudal jarak pendek pada hari Kamis setelah melakukan hal serupa sebelumnya pada hari Sabtu pekan lalu. 

Dua peluncuran senjata itu merupakan yang pertama kali sejak Korea Utara melakukan moratorium uji coba senjata nuklir dan rudal November 2017 atau beberapa bulan menjelang pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Juni 2018.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait