KPU Klaim Saksi 02 Setujui Penetapan Hasil Pilpres Dini Hari, Saksi BPN: Tak Pernah! Jangan Sok Tau

itoday - Saksi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pada sidang penetapan hasil Pilpres, Azis Subekti membantah keras pernyataan anggota KPU Ilham Saputra yang menyatakan penetapan hasil Pilpres 2019 dini hari (21/05) disetujui pihak capres/cawapres nomor urut 02.

Azis menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyetujui hal itu. “@KPU_ID saya protes keras terhadap statemen ini. Saya tidak pernah menyetujui. Komisioner Ilham tak pernah bicara hal ini. Jangan sok tahu. Coba tanya dulu ke Ketua KPU. Dan di forum saya sdh ingatkan cc. @tempodotco,” tegas Azis di akun Twitter @azissubekti menanggapi tulisan tempo.co yang bertajuk “KPU: Penetapan Hasil Pilpres di Dini Hari Disetujui Saksi Prabowo.”

Sebelumnya tempo.co mengutip pernyataan anggota KPU Ilham Saputra bahwa penetapan hasil Pilpres 2019 disetujui para saksi. 

Menurut Ilham, proses yang berlangsung hingga dini hari, turut dihadiri saksi dari para peserta pemilu, termasuk perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Ilham, rapat pleno penghitungan suara yang berlangsung hingga malam dan tidak diskors telah mendapat persetujuan dari seluruh pihak yang hadir. "Kan, disetujui oleh para saksi. Nggak ada pemaksaan. Semua sudah selesai rekap provinsi maupun luar negeri," kata Ilham seperti dikutip tempo (21/05).

Ilham juga menyatakan tidak ada yang aneh dengan pengumuman perolehan suara Pemilu 2019 yang berlangsung pada dini hari tadi. Lantaran proses rekapitulasi suara tingkat nasional baru selesai dini hari.

"Tidak ada yang janggal. Ketentuan undang-undang (pengumuman perolehan suara) paling lambat 35 hari (setelah pencoblosan), jatuhnya tanggal 22 Mei 2019. Tapi karena rekap provinsi dan luar negeri sudah selesai, maka kami tuntaskan malam tadi," kata Ilham.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menilai pengumuman perolehan suara Pemilu 2019 yang berlangsung dini hari hal yang janggal. Menurut Prabowo, penetapan itu dilakukan KPU menjelang pukul 02.00 pagi saat masih sunyi senyap. 

"Tadi pagi jam sekitar jam 2 pagi senyap senyap begitu, hehehe, di saat orang-orang masih tidur atau belum tidur sama sekali," kata Prabowo dalam jumpa pers di kediaman di Jalan Kertanegara (21/05).

Komentar

Artikel Terkait