Pertemuan Jokowi-AHY, Saut Situmorang: AHY Mau jadi Menteri Apa? Menteri Jalan Tol?

itoday - Saat korban bentrok massa pendemo dengan aparat keamanan dirawat di rumah sakit, Presiden Joko Widodo menerima kedatangan  Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Usai pertemuan, kepada media AHY mengungkapkan, Jokowi meminta secara khusus untuk menjadi jembatan komunikasi dengan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono yang saat ini berada di Singapura mendampingi Ani Yudhoyono.

Pertemuan itu melengkapi ucapan selamat SBY kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. SBY menyatakan mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma'ruf bila nanti Jokowi-Maruf diputuskan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6 atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada Bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang, saya menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia Bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali," kata SBY dalam pernyataan pers berbentuk video (21/05).

Bagi pendukung Koalisi Prabowo-Sandi, sikap Demokrat ini dinilai sebagai bentuk pengkhianatan. Pemikir Islam Isnawan Aslam menegaskan bahwa cara berpolitik model SBY hanya cocok diterapkan 10 tahun silam.

“Cara berpolitik model SBY itu hanya cocok diterapkan 10 tahun silam, yang belum mengenal diksi "jejak digital itu kejam jenderal!". Dengan pemilih generasi milenial yang lebih menghargai sportivitas, PD dan AHY di 2024 akan nyungsep,” tulis  Isnawan di akun Twitter @kangnawan.

Tokoh pengerakan Jawa Barat, Uus Rusdiana, meminta SBY dan Demokrat untuk menjaga komitmen “susah senang bersama”.

“Prinsipnya silakan saja itu hak Anda, hanya saja etika politik dalam bingkai koalisi ke mana? Tak bisakah sedikit waktu saja berkomitmen 'susah senang bersama'?. Ataukah ini politik kita? Adab lebih tinggi dari ilmu,” tulis Uus di akun  @UusRsd menyikapi pertemuan Jokowi-AHY.

Sindiran keras dilontarkan sastrawan Saut Situmorang. Saut mengaitkan pertemuan Jokowi-AHY dengan pembagian jatah menteri. “AHY mau jadi menteri apa? Menteri Jalan Tol?” tulis Saut di akun @AngrySipelebegu mengomentari tulisan bertajuk “Hari Ini, Jokowi Bertemu AHY & Zulkifli Hasan di Istana Bogor.”

Komentar

Artikel Terkait