Pompeo: Iran Serang Kapal Tanker Agar Harga Minyak Melambung

itoday -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak di Teluk. Ia mengatakan hal itu adalah upaya Teheran untuk menaikkan harga minyak dunia.

"Ini adalah upaya Iran untuk menaikkan harga minyak mentah di seluruh dunia," kata Pompeo kepada wartawan sesaat sebelum berangkat dalam perjalanan ke Eropa seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat (31/5/2019).

Pompeo menyatakan ia telah melihat bukti keterlibatan Iran yang sebelumnya dikutip oleh Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton.

Berbicara di London, Bolton mengatakan bukti bahwa Iran berada di belakang serangan akan disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB minggu depan.

Ditanya apakah dia telah melihat buktinya, Pompeo berkata: “Oh, ya. Duta Besar Bolton melakukannya dengan benar. "

Utusan AS untuk Iran Brian Hook pada hari Kamis memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan menanggapi dengan kekuatan militer jika kepentingannya diserang oleh Iran.

Serangan terhadap kapal tanker minyak di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA) terjadi pada bulan ini. UAE belum menyalahkan siapa pun atas sabotase empat kapal, termasuk dua kapal tanker Arab Saudi, yang diikuti dua hari kemudian oleh serangan pesawat tak berawak di stasiun pompa minyak Arab Saudi.

Riyadh menuduh Teheran memerintahkan serangan, yang diklaim oleh gerakan Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman. Namun Iran telah membantah keterlibatan dalam kedua serangan itu.

 

(Sumber)

Komentar

Artikel Terkait