Trump: Tak Perlu Buru-buru Redam Ketegangan dengan Iran

itoday - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat "tidak perlu terburu-buru" meredam ketegangan dengan Iran yang dikhawatirkan bisa memicu konflik antara kedua negara.

"Kami punya banyak waktu. Tidak perlu terburu-buru. Mereka (Iran) dapat menggunakan waktu mereka. Sama sekali tidak ada tekanan waktu," ujar Trump menkelang KTT G20 di Osaka, Jepang, seperti dikutip AFP, Jumat (28/6).

"Mudah-mudahan pada akhirnya ini akan berhasil. Jika ini berhasil, bagus. Jika tidak berhasil, Anda akan mendengarnya."

Ketegangan Washington-Teheran saat ini sebenarnya kian buruk, terutama setelah insiden Iran menembak jatuh pesawat nirawak AS dan penerapan sanksi baru oleh Gedung Putih terhadap negara di Timur Tengah itu pada awal pekan ini.

Namun, pernyataan Trump tersebut bernada lebih damai dari retorika-retorikanya terdahulu tentang Iran. Pada Rabu (26/6), Trump menganggap jika AS terlibat konflik dengan Iran, perseteruan itu "tidak akan bertahan lama."

Pernyataan itu segera ditepis Teheran. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javid Zarif mengatakan "perang singkat dengan Iran adalah sebuah ilusi."

Meski tak berniat perang, Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan negaranya tidak takut dengan AS, terutama setelah Negeri Paman Sam kembali menjatuhkan sanksi baru bagi Teheran.

Komentar

Artikel Terkait