Diisukan Meninggal, Presiden Turkmenistan Muncul di 'Gerbang Neraka'

itoday - Presiden Turkmenistan Kurbanguly Berdymukhamedov diisukan telah meninggal dunia Setelah tidak muncul di hadapan publik selama berminggu-minggu. Untuk meredam rumor itu, dia mengemudikan mobil reli di dekat kawah gas menyala di negara itu yang dikenal sebagai "Gerbang Neraka".

Kemunculannya di dekat kawah gas itu disiarkan stasiun televisi pemerintah pada hari Minggu.

Pemimpin otokratis berusia 62 tahun itu menghilang dari pandangan publik pada akhir Juli. Beberapa media asing yang mengutip sumber anonim melaporkan bahwa Presiden Berdymukhamedov telah meninggal. 

Pemerintah negara pengekspor gas di Asia Tengah itu membantah laporan itu dan mengatakan bahwa sang presiden sedang berlibur.

Kawah gas "Gerbang Neraka" yang dikunjungi Berdymukhamedov berada di tengah Gurun Karakum. Dalam aksinya, sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (7/8/2019), Berdymukhamedov mengenakan seragam ala militer dan topi bisbol yang menghadap ke belakang.

Berdymukhamedov telah mememimpin negara pecahan Uni Soviet itu sejak kematian pendahulunya Saparmurat Niyazov pada 2006. Dia juga mempromosikan putranya Serdar Berdymukhammedov sebagai calon penerusnya setelah menjadi gubernur sebuah provinsi di negara itu pada bulan Juni lalu.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait