Serangan Udara Bikin Bocah Suriah Buta dengan Luka Wajah Mengerikan

itoday -  Jouma, nama bocah Suriah berusia 4 tahun ini. Kedua matanya buta dan menderita luka wajah yang mengerikan akibat serangan udara ketika dia dan keluarganya meninggalkan zona perang setahun lalu.

Jouma dan keluarganya berhasil meninggalkan zona perang di negaranya dan kini jadi pengungsi di lingkungan miskin di Beirut, Lebanon.

Meski sudah setahun berlalu, bocah itu masih berdarah karena luka-lukanya dan pecahan-pecahan kaca masih keluar dari kulitnya.

Dia tidak dapat melihat, yang membuat indranya yang lain menjadi lebih kuat. Dia menyentuh wajah orang-orang untuk mengenalinya ketika bertemu.

Jouma merupakan keluarga Kurdi Suriah. Dia, orangtuanya dan dua saudara kandungnya kini hidup bersama di sebuah kamar kecil dan berharap mendapat suaka di negara Eropa.

Mereka baru-baru ini diwawancarai oleh BBC, yang mengunjungi mereka di blok apartemen untuk mencari tahu bagaimana keadaan mereka dan apa harapan mereka untuk masa depan.

Rekaman menunjukkan Jouma tersenyum ketika ayahnya menciumnya. Dia bermain dengan anak laki-laki lain dan berjalan tanpa bantuan menuruni tangga. Bocah kecil itu mengandalkan sentuhan untuk menghafal wajah orang.

Dia menikmati waktu bermain dengan kamera dan mikrofon milik kru BBC, di mana ia belajar menggunakannya tanpa melihat.

Jurnalis video BBC, Eloise Alanna, yang bertemu keluarga Jouma itu mengatakan dalam sebuah video; "Ini adalah dampak dari serangan udara setahun (yang lalu)."

Komentar

Artikel Terkait