AS Jatuhkan Sanksi ke Program Antariksa Iran

itoday -  Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi terhadap program luar angkasa Iran. Hal itu merujuk pada ledakan yang terjadi baru-baru ini di landasan peluncuran Iran, yang diduga AS sebagai aktifitas rudal.

"Amerika Serikat tidak akan mengizinkan Iran menggunakan program peluncuran luar angkasa sebagai dalih untuk memajukan program rudal balistiknya," kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, seperti dilaporkan AFP, Rabu (4/9/2019).

"Upaya Iran pada 29 Agustus untuk meluncurkan kendaraan peluncuran ruang angkasa menggarisbawahi urgensi ancaman," ujar Pompeo.

Pompeo mengatakan, AS menjatuhkan sanksi pada Badan Antariksa Iran serta dua pusat penelitian yang berafiliasi.

Di bawah perintah tersebut, semua warga negara atau penduduk AS akan dianggap melakukan tindak kriminal jika berinteraksi dengan program luar angkasa Iran.

"Keputusan ini harus berfungsi sebagai peringatan bagi komunitas ilmiah internasional yang berkolaborasi dengan program luar angkasa Iran dapat berkontribusi pada kemampuan Teheran untuk mengembangkan sistem pengiriman senjata nuklir," tegasnya.

Presiden Donald Trump sebelumya mencuit gambar resolusi tinggi yang menunjukkan kerusakan pada landasan peluncuran satelit Iran; menegaskan AS tidak ada hubungannya dengan hal itu.

Pompeo juga menyebut peluncuran itu menunjukkan ancaman dari Iran.

Juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei, pada Senin (2/9/2019), mengonfirmasi ledakan di landasan peluncuran satelit di utara negara itu dan menyalahkan kesalahan teknis.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait