Esemka Gunakan Komponen dari China, Rocky Gerung: Merakit itu Ada Manualnya, Gak Perlu Otak!

itoday - Mobil pikap Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka)  resmi diluncurkan hari ini (06/09). 

Bersamaan dengan moment peluncuran Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi bahkan sempat menjajal mobil yang diklaim sebagai karya anak bangsa Indonesia.

“Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi saat peresmian.

Netizen pun ramai-ramai meminta komentar aktivis sosial media yang meragukan Esemka sebagai produk dalam negeri.

Pengamat politik Rocky Gerung termasuk yang kena “senggol”. Aktivis sosial media yang dikenal sebagai tokoh Jokowi Ahok Social Media Volunteer (Jasmev), Dede Budhyarto, meminta komentar Rocky soal peluncuran Esemka.

Akun Twitter @kangdede78, milik Dede, meneruskan cuitan akun @habibthink ke akun @rockygerung: “Akhirnya mobil Esemka resmi diluncurkan! Bagaimana perasaan para codot melihat kenyataan ini?”.

Dengan gaya satire seperti biasa, @rockygerung membalas “serbuan” netizen: “Merakit itu ada manualnya. Gak perlu otak. Gitu bong:)”.

Pernyataan Rocky tersebut senada dengan penegasan Presdir PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, jauh sebelumnya. "Kami bukan mobil nasional, tapi kami murni Indonesia. Kami produksi mobil di Indonesia dengan menggunakan tenaga dari Indonesia," ucap Eddy Wirajaya ketika itu.

Jokowi sendiri di akun Twitter resmi @jokowi menulis: “Menyambut gembira beroperasinya pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, hari ini, beserta fasilitasnya. Kendati bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadiran Esemka memberikan efek berantai bagi industri pemasok lokal lainnya.”

Di sisi lain akun resmi Partai Gerindra, @Gerindra, juga menegaskan bahwa pabrik Esemka hanya tempat perakitan mobil. “Menggunakan komponen yang didatangkan dari China, pabrik Esemka hanya menjadi tempat perakitan mobil,” tulis @Gerindra.

Komentar

Artikel Terkait