Iwan Piliang: Laku Konyol! Ribuan Buzzer Dikerahkan untuk Bilang #SawitBaik

itoday - Hari ini (16/09) Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan kampanye hastag atau tanda pagar (tagar) #SawitBaik.

Akun Twitter @SawitBaikID, membeberkan alasan hastag #SawitBaik digalang. Kampanye itu ditujukan untuk memberikan informasi secara utuh tentang kelapa sawit. Utamanya, terkait dampak positif di balik perkebunan kelapa sawit kepada masyarakat.

Tagar #SawitBaik pun masih bercokol di posisi puncak trending topic Twitter hari ini (16/09). Hanya saja, banyak pihak yang mengecam kampanye sawit ini dijalankan pada moment yang tidak tepat. Yakni, ketika masyarakat di Riau dan Kalimantan menghadapi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Wartawan senior Narliswandi Piliang atau Iwan Piliang menilai, kampanye #SawitBaik hanya sebuah laku konyol. Mengingat, selama ini terlalu banyak kemudaratan sektor kelapa sawit. Iwan menduga buzzer telah dikerahkan untuk menggalang #SawitBaik.

“Ribuan buzzer pun dikerahkan untuk bilang Sawit baik, hanya laku konyol. Karena selama ini terlalu banyak kemudaratan diperbuat: paling sadis indikasi lakukan Transfer Pricing lebih Rp 1000 triliun tiap tahun dari para eksportir CPO. #sawitpahit #kembalikeNyiurMelambai Kelapa lbh utk rkyt,” tulis Iwan Piliang di akun Twitter @Iwanpiliang7.

Selain dugaan transfer pricing, Iwan juga menyebutkan sejumlah “kemudaratan” lain di sektor sawit. Yakni dugaan akal-akalan hak guna usaha (HGU), dan subsidi kredit.

“#sawitpahit #tenggelamkansawit #kembalikeNyiurMelambai indikasi ribuan triliun Transfer Pricing dari para eksportir CPO tiap tahun, akal-akalan HGU, subsidi kredit, kini subsidi triliun an bikin B20, UKM bikin ditangkapi. #tinggalkansawit #kembalikeKelapa,” beber @Iwanpiliang7.

Direktur Eksekutif Rujak Center for Urban Studies (RCUS) Elisa Sutanudjaja turut mengomentari penggalangan #SawitBaik. Elisa mempertanyakan waktu kampanye “Sawit Baik” yang dinilai momentnya tidak tepat.

“Doh @kemkominfo. Gak bisa milih bulan lain apa untuk peluncuran #SawitBaik? Kalau kebakaran hutannya karena pembukaan lahan sawit baru, gimana coba? Pakai akun giveaway segala pula,” tulis Elisa di akun @elisa_jkt.

@elisa_jkt menyisipkan capture “tawaran” giveaway dari akun @Giveawaylagi bagi akun-akun yang ikut menggalang #SawitBaik. @Giveawaylagi menawarkan saldo/Ovo Rp 50 ribu untuk dua akun pemenang.

Komentar

Artikel Terkait