#SaatnyaPeoplePower Puncaki Trending Topic! Mahasiswa Bergerak di Kantong Suara Jokowi!

itoday - Jelang pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin, demonstrasi mahasiswa justru meluas hingga di kota-kota yang menjadi kantong suara kemenangan Jokowi-Maruf.

Hari ini (23/09), mahasiswa menentang rencana Pemerintahan Jokowi dan DPR RI yang akan mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang. Demo digelar serentak di Jakarta, Riau, Bandung, Makassar, Yogyakarta hingga Papua.

Di antara kota-kota tersebut, demonstrasi mahasiswa terbesar digelar di kampus UGM, di mana Jokowi pernah kuliah di Fakultas Kehutanan. Massa mahasiswa tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak.

Mahasiswa mengusung tujuh tuntutan. Di antaranya mendesak RKUHP ditunda, revisi UU KPK yang baru disahkan, mengadili elite yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan, dan menolak pasal-pasal bermasalah RUU Pertanahan dan RUU Ketenagakerjaan.

Aksi mahasiswa yang berpusat di “Bunderan Kampus UGM” itu memang didahului dengan undangan masif bertajuk #GejayanMemanggil. Hastag #GejayanMemanggil ini bahkan menjadi topik terpopuler Twitter di Indonesia. 

Netizen menyambut #GejayanMemanggil dengan mengusung hastag yang lebih garang, yakni #SaatnyaPeoplePower. Tagar ini menduduki posisi puncak trending topic, berdampingan dengan #GejayanMemanggil.

Komika kondang Sam Dharma Putra Ginting atau Sammy Comic mengingatkan pemerintah soal meluasnya aksi demonstrasi mahasiswa ini. Sammy menilai, aksi besar mahasiswa digelar di kantong-kantong pemilih Jokowi-Maruf. Disimpulkan, gerakan mahasiswa ini bukan pendukung Prabowo.

“Kalau kita lihat, banyak kota yang bergerak hari ini adalah kantong suara Jokowi. Jadi ini gerakan bukan lagi gerakan pendukung Prabowo. Pemerintah harus aware,” tulis Sammy di akun Twitter @NOTASLIMBOY

Sammy juga mengingatkan, agar penguasa tidak menggunakan buzzer untuk menghadapi aksi mahasiswa ini. “Pemerintah sebaiknya mengambil tindakan konkret terhadap tuntutan demonstrasi hari ini. Kalau pakai jurus buzzer lagi, emang dasarnya minta diturunin sih itu,” tulis @NOTASLIMBOY.

Komentar

Artikel Terkait