Andi Arief: Ada Kekecewaan '5 Tahun', Tak Pernah ada Gerakan Mahasiswa Sehebat dan Sebesar ini!

itoday - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menuding ada pihak yang menunggangi isu revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Pasalnya, Presiden Joko Widodo dengan anggota DPR sudah bersepakat pengesahan RUU tersebut ditunda. 

Yasonna juga meminta para mahasiswa yang menggelar aksi tidak terbawa agenda politik yang tidak benar. Menurut Yasonna, saat ini sudah banyak informasi ihwal adanya pihak-pihak yang ingin menunggangi aksi mahasiswa dengan agenda-agenda politik tertentu.

"Saya berharaplah kepada para mahasiswa, kepada adik-adik mahasiswa saya, jangan terbawa oleh agenda-agenda politik yang enggak bener," kata Yasonna seperti dikutip tempo (24/09).

Ironis, saat tudingan gerakan mahasiswa ditunggangi, netizen yang dikenal sebagai “buzzer” penguasa ramai-ramai  mengupload video lama aksi demonstrasi yang salah satunya diikuti oleh Sri Bintang Pamungkas.

Chico Hakim atau Cyril Raoul Hakim mengupload video lama Sri Bintang Pamungkas dan sejumlah tokoh Islam dalam sebuah aksi massa. “Ayo teman-teman mahasiswa usir para penumpang gelap ini dari barisan kalian!” tulis Chico di akun Twitter @chicohakim.

Politisi Gerindra yang juga jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak pun mengingatkan Chico untuk berhenti menebar hoax. Menurut Dahnil, video bergambar Sri Bintang Pamungkas itu diambil pada demonstrasi yang berbeda dengan demo mahasiswa hari ini (24/09).

“Anda kok gak berhenti menebar HOAX. itu Demo yang berbeda dengan waktu yang berbeda,” tulis Dahnil di akun @Dahnilanzar membantah cuitan @chicohakim.

Buzzer penguasa lainnya, Rudi Valinka di akun @kurawa, juga membuat “lelucon” yang mengundang reaksi keras. “Mengapa sebaran kampus pendemo kali ini lebih banyak? Karena mereka tau kalo RKUHP ini disahkan maka kos-kosan mereka adalah korban pertama dari pemberlakuan UU tersebut,” tulis @kurawa.

Politisi Partai Demokrat Andi Arief, mempunyai pandangan berbeda soal besarnya dan luasnya demonstrasi mahasiswa secara geografis.  Andi menduga, gerakan mahasiswa membesar dan meluas karena kekecewaan 5 tahun Pemerintahan Jokowi.

“Belum pernah ada gerakan mahasiswa sebesar  dan sehebat dan seluas geografis  dalam mobilisasi dari kemarin sampai  hari ini. Generasi terdahulu belajar padamu,” tulis Andi di akun @AndiArief__.

@AndiArief__ menambahkan: “Awalnya saya menduga gerakan mahasiswa ini semata protes soal UU KPK dan perundangan lainnya. Tapi pada akhirnya saya menduga besarya gerakan mahasiswa ini karena ada kekecewaan 5 tahun. Tak ada alasan Pak Jokowi untuk tidak mendengar tuntutan mereka.”

Komentar

Artikel Terkait