AS Keluarkan Imbauan Bepergian ke Indonesia

itoday - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedutaan Besar mereka di Jakarta mengeluarkan imbauan bagi warga AS yang hendak bepergian atau sedang berada di Indonesia. Imbauan ini datang setelah adanya serangkaian aksi demonstrasi, yang berujung kericuhan di sejumlah kota di Indonesia.

"Sejak 24 September, demonstrasi politik telah terjadi di berbagai kota di seluruh Indonesia. Demonstrasi ini, yang dapat berlangsung dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan, kemungkinan akan berlanjut," bunyi imbauan tersebut.

"Sebagian besar demonstrasi telah diselenggarakan di luar gedung-gedung pemerintah, tetapi beberapa telah menyebar ke daerah perumahan, publik, dan ritel," sambungnya, seperti dikutip Sindonews dari laman id.usembassy.gov pada Selasa (1/10/2019).

Kedubes AS, dalam imbauanya kemudian menuturkan bahwa meski pada umumnya aksi demonstrasi damai, ada konfrontasi antara kelompok-kelompok demonstran dengan pihak kepolisian.

"Sebagian besar kekerasan telah terjadi pada malam hari. Para pengunjuk rasa telah membakar dan melemparkan bom molotov, kembang api, dan batu. Polisi telah merespons dengan langkah-langkah pengendalian massa seperti gas air mata dan meriam air," sambungnya.

Dalam imbauan, kedubes meminta warga AS yang berada Indonesia untuk menghindari lokasi di mana aksi demonstrasi berlangsung. Lalu, meningkatkan kewaspadaan, terutama bila berada di sekitar lokasi demonstrasi.

"Tetap memperbaharui informasi melalui liputan media. Bawalah ponsel dengan Anda. Harap diperhatikan bahwa orang asing yang bergabung dengan demonstrasi di Indonesia dapat ditangkap dan / atau dideportasi," tukasnya.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait