Putin: Bukan Salah Trump Hubungan AS dan Rusia Belum Membaik

itoday - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Moskow tidak menyalahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena gagal memperbaiki hubungan AS dan Rusia. Trump berjanji saat kampanye pemilu presiden bahwa dia akan memperbaiki hubungan kedua negara.

"Kami tahu itu, termasuk selama kampanye pemilu dia sebelumnya, dia bicara mendukung normalisasi (hubungan AS-Rusia), tapi sayangnya itu belum terjadi," kata Putin saat wawancara dengan Al Arabiya, Sky News Arabia dan RT Arabic.

Putin menambahkan, "Tapi kami tidak mengklaim karena kami melihat apa yang sedang terjadi dalam politik domestik AS." Pernyataan Putin itu berdasarkan transkrip yang dirilis di website Kremlin pada Minggu (13/10).

Putin menjelaskan, agenda politik internal tidak mengizinkan Trump mengambil berbagai langkah yang bertujuan memperbaiki hubungan bilateral secara drastis. Dia menambahkan, Moskow akan bekerja sama dengan semua pemerintahan AS sesuai keinginan Washington.

Putin juga menyatakan, Rusia memiliki persenjataan yang menetralkan semua ancaman dari pengerahan rudal NATO di Polandia dan Romania. "Ini jelas ancaman bagi kami karena ini upaya untuk menaikkan potensi nuklir strategis kami. Ini akan gagal, upaya ini, sudah jelas," tegas Putin.

Wawancara itu ditayangkan pada Minggu (13/10) menjelang kunjungan Putin ke Arab Saudi pada 14 Oktober.

Komentar

Artikel Terkait