“Jan Ethes” jadi Nama Varietas Anggur ala Mentan Syahrul Limpo, Prabowo: Ngolor Tingkat Dewa!

itoday - Entah apa maksudnya, yang jelas nama cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes, digunakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menamai varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.

“Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia, anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin tersenyum dan bahagia," kata Syahrul di Pasuruan (15/11).

Nama tersebut diberikan saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional. Acara berlangsung di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan.

Tokoh liberal Goenawan Mohamad menyoal penggunaan nama cucu Jokowi itu. Goenawan berharap, sebaiknya seorang mentari lebih dahulu menyenangkan hati rakyat, bukan hati Presiden. “Sebaiknya seorang menteri lebih dulu menyenangkan hati rakyat, bukan hati Presiden,” tulis Goenawan di akun Twitter @gm_gm.

Upaya Syahrul Limpo itu mengundang kecurigaan banyak pihak. Politisi Nasdem itu dinilai cari muka di hadapan Jokowi. “Luar biasa ini menteri cari muka. Ada-ada aja menteri zaman now,” tulis akun @panca66, milik politisi Demokrat Cipta Panca Laksana.

Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo turut mengomentari upayqa Syahrul Limpo. Sama seperti Panca, Prabowo menilai upaya itu sebagai bentuk upaya “ngolor”. “Ngolor tingkat dewa,” tegas Prabowo di akun @BertemanM.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengomentari pro-kontra penamaan varietas anggur Jan Ethes SP1 yang identik dengan nama cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini sempat ramai juga, tapi sebenarnya penamaan itu tidak ada maksud apa-apa. Juga tidak ada koordinasi sebelumnya dengan siapa-siapa, ya kebetulan saja terlintas," kata Syahrul saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

Uniknya, pada waktu yang hampir bersamaan, Jan Ethes mendapatkan adik baru berjenis kelamin perempuan. Bayi dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo. Cucu ketiga Jokowi itu diberi nama La Lembah Manah.

Komentar

Artikel Terkait