Jabatan Presiden Tiga Periode, Politisi Demokrat: Jokowi Mau Cari Utangan, Bamsoet Malah Cari Muka!

itoday - Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, pengusul masa jabatan presiden tiga periode seakan ingin menampar muka dirinya. 

Jokowi menolak masa jabatan presiden diubah menjadi tiga periode atau maksimal 15 tahun masa jabatan dalam rencana amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu ada tiga [maknanya] menurut saya: Satu, ingin menampar muka saya; yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka; yang ketiga ingin menjerumuskan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka (02/12).

Siapa yang dimaksud Jokowi sebagai pengusul itu? Setidaknya ada dua nama yang disebut-sebut netizen. Yakni Menkominfo Johnny G Plate  dan Ketua DPR Bambang Susatyo. 

Awal Oktober 2019, ketika masih menjadi Ketua Fraksi NasDem, Johnny G. Plate, telah mengatakan  bahwa perpanjangan masa jabatan presiden bertujuan demi konsistensi pembangunan.

Bahkan, seperti diberitakan,  Johnny menyarankan agar masa jabatan presiden diperpanjang dengan opsi menjadi 1x8 tahun, 3x4 tahun, atau 3x5 tahun. Johnny membantah usul ini datang darinya. Ia mengatakan usul ini datang dari masyarakat, meski ia tak menyebutkan masyarakat mana yang dimaksudnya.

Senada dengan Johnny, Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga sempat menyatakan wacana perpanjangan  masa jabatan presiden bergulir bukan keinginan dari MPR, melainkan keinginan masyarakat Indonesia. Hal ini diungkapkan Bamsoet pada jumpa pers di Kantor DPP PKS (26/11).

Aktivis sosial media Lina P Anandya di akun Twitter @LinaPAnandya menulis: “Pak @jokowi coba tanya Johny G Plate, ia malah pernah disebutkan seperti ini . Cuman Bapak  berani balas tampar tidak? Kan jadi Menkominfo.”

“Kalau Pak Jokowi merasa tertampar dengan isu presiden 3 periode, kan pernah ada statement Johny G Plate tentang itu,” tambah @LinaPAnandya.

Sindiran keras dilontarkan politisi Demokrat Adamsyah WH melalui akun @DonAdam68. “Nah gw bilang apa? Wong Beliau mau cari utangan ini si Bamsoet malah cari mukak. Abis deh, salah set....,” tulis  @DonAdam68.

Melalui akun twitter @jokowi, Jokowi kembali menegaskan bahwa usulan masa jabatan presiden tiga periode akan menjerumuskan dirinya.

“Saya adalah produk pemilihan langsung berdasarkan UUD 1945 pasca reformasi. Posisi saya jelas: tak setuju dengan usul masa jabatan Presiden tiga periode. Usulan itu menjerumuskan saya. Saat ini lebih baik kita konsentrasi melewati tekanan eksternal yang tidak mudah diselesaikan,” tulisa @jokowi.

Komentar

Artikel Terkait